Proyek Perluasan SPAM Jaringan Perpipaan di Babalan Diduga Asal Jadi

Foto : Proyek perluasan perpipaan di Babalan. 

DikoNews7 -

Sejumlah warga yang melintas di jalan Suka Mulia Gotong Royong, Pangkalan Brandan, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat,  mengeluhkan proyek perluasan SPAM jaringan perpipaan.Jumat (30/09/2022).

Proyek Dinas Pekerjaannya Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Langkat yang dikerjakan CV Ananda Karya dengan anggaran mencapai Rp 1,3 Milyar, terkesan asal jadi hingga mengganggu kenyamanan dan membahayakan pengguna jalan.

Dimana galian jalur pipa dianggap kurang dalam dan dibiarkan begitu saja tanpa dipasang rambu dan tanda pemberitahuan, mengakibatkan banyak warga mengalami kecelakaan akibat terperosok kedalam lubang galian.

Tidak hanya itu, penimbunan pipa juga terkesan asal timbun dan tidak sempurna, selain mengganggu pengguna jalan, sebagian badan jalan yang dilalui tampak rusak.

"Sudah sering orang jatuh di lubang galian pipa ini, apalagi saat malam hari tanpa penerangan, pihak proyek abaikan keselamatan warga tanpa memasang tanda peringatan," ucap Hendrik (38) warga Jalan Suka Mulia.

Lebih lanjut dikatakan warga, beberapa hari lalu, satu truck pengangkut buah sawit (TBS) terbalik akibat roda kendaraan terperosok kedalam lubang galian pipa, akibat kejadian ini truck menimpa pagar beton rumah warga hingga hancur.

Namun pihak proyek seakan tutup mata dengan kejadian ini, pemilik truck dan pemilik rumah mengalami kerugian hingga jutaan rupiah guna memperbaiki truck dan pagar rumah.

"Timbunan pipa tidak padat dan menimbulkan cekungan dan lopak disepanjang jalur pipa, akibatnya banyak pengendara motor yang jatuh dan mobil terperosok hingga terbalik," ucap Anto (45) warga Suka Mulia lainnya.

Dilain pihak, Dirut PDAM Tirta Wampu Stabat, Herman Sukendar Harahap.SH saat dikonfirmasi terkait keadaan ini mengatakan. Dirinya secepatnya akan berkoordinasi dengan pihak PUPR sebagai penanggung jawab pembangunan.

"Kita hanya sebagai pengawas pak, ini proyek PUPR, setelah proyek ini selesai dikerjakan baru diserahkan kepada kita, namun nanti team kita dari perusahaan akan croscek kelapangan," ucapnya. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel