Gubsu Edy Rahmayadi : Bagas Godang Ulu Pungut Jadi Cagar Budaya dan Situs Sejarah

Foto : Gubernur Edy Rahmayadibersama masyarakat.

DikoNews7 -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meletakan batu pertama dimulainya revitalisasi Bagas Godang Desa Huta Godang, Ulu Pungut, kabupaten Mandailing Natal (Madina), Rabu (12/10/2022). 

Revitalisasi ini bertujuan agar Bagas Godang tersebut menjadi situs dan cagar budaya di Ulu Pungut.

Gubsu Edy mengatakan, tempat ini juga indah, makanya dijaga agar wisatawan mengetahui situs ini. Kita akan dukung yang nantinya dengan membangun jalan yang akan kita tembuskan ke Sumatera Barat (Sumbar).

“Tujuan revitalisasi ini juga agar anak cucu kita mengenal sejarah, yang harus kita jaga, bahwa Sumatera Utara (Sumut) memiliki nilai budaya dan sejarah, karena sejarah tidak boleh untuk di lupakan, “ ucap Edy.

Turut hadir di antaranya, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Ivan Batubara, Raja Hutagodang Raja Julu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumatera Utara, Alim Ulama, Tokoh Adat dan juga masyarakat setempat.

Gubsu Edy Rahmayadi menyebutkan, tempat ini merupakan tempat sejarah yang usianya sudah satu abad. Situs ini untuk membuktikan bahwa disini dahulu adalah merupakan tempat tinggal raja yang menentang penjajah yakni Raja Lubis.

“Pada pembangunan nantinya untuk tidak membuang kayu lama yang digunakan Bagas Godang, agar dapat menjadi bukti sejarah. Kemudian meminta pengelolaan aliran air di kawasan tersebut untuk dapat lakukan dengan baik, yang nantinya akan dibantu oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi, “ ungkap Gubsu Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Raja Hutagodang Raja Julu Lubis mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut yang telah merivitalisasi Bagas Godang.

“Kedepan agar Pemprov Sumut tetap memberikan perhatian pada pembangunan di Ulu Pungkut, “ pinta Julu Lubis 

Atas nama Raja Huta Godang dan masyarakat, saya mengucapkan terima kasih atas revitalisasi ini, dan bapak Gebernur telah banyak berbuat untuk desa kami. Hanya Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang dapat membalas semua kebaikan ini, ucap Julu Lubis.

Reporter : Erwin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel