Longsor Salju di Himalaya India, 4 Pendaki Tewas - 33 Orang Dilaporkan Terjebak

Foto : Gunung Himalaya, Gunung Kangtega (ketinggian 6782 meter) dari desa Khumjung di wilayah Everest, sekitar 140km timur laut Kathmandu (16/4). (AFP Photo/Prakash Mathema)

DikoNews7 -

Longsoran salju menghantam tim pendaki gunung di Himalaya India. Sedikitnya empat orang tewas dan puluhan lainnya dilaporkan hilang.

34 peserta pelatihan dan tujuh instruktur sedang berlatih navigasi di Gunung Himalaya tersebut, ketika mereka terkena longsoran salju saat turun dari puncak Himalaya di negara bagian utara Uttarakhand.

"Delapan orang dari kelompiok itu diyakini telah diselamatkan dan sisanya terjebak di jurang," kata tim penyelamat seperti dikutip dari BBC, Rabu (5/10/2022).

Upaya pencarian dihentikan pada malam hari karena hujan dan salju. Laporan media lokal mengatakan jumlah korban mungkin meningkat secara signifikan.

Kelompok ini terdiri dari peserta pelatihan dari Nehru Institute of Mountaineering di Uttarkashi tak jauh dari lokasi pendakian. Laporan tersebut menyebut mereka telah kembali dari Gunung Drupadi Danda-2 (5.670m; 18.602 kaki) ketika longsoran salju melanda.

Pihak berwenang disiagakan pada Selasa 4 Oktober sekitar pukul 09.30 waktu setempat  (04.00 GMT), kata petugas penyelamat.

"Kami mendapat konfirmasi bahwa empat orang tewas dari 33 orang yang terperangkap. Sekitar delapan dari mereka telah diselamatkan dan sisanya terjebak di dalam jurang," kata Ridhim Aggarwal dari Pasukan Tanggap Bencana Negara kepada kantor berita AFP.

Upaya penyelamatan akan terus dilakukan selama cuaca memungkinkan, katanya.

Sebelumnya, kepala polisi Uttarakhand Ashok Kumar mengatakan kepada kantor berita Reuters: "Angkatan Udara India sedang melakukan pengintaian udara di gunung tempat longsor terjadi. Tidak mudah untuk mencapai tempat itu."

Menteri Pertahanan Rajnath Singh menulis di Twitter: "Sangat sedih dengan hilangnya nyawa yang berharga karena longsor yang melanda ekspedisi pendakian gunung yang dilakukan oleh Nehru Institute of Mountaineering di Uttarkashi."

Insiden ini terjadi seminggu setelah tubuh pendaki gunung ski terkenal AS Hilaree Nelson ditemukan di Himalaya Nepal.

Nelson, yang dianggap sebagai salah satu pendaki gunung terhebat di generasinya, dilaporkan jatuh ke jurang yang dalam setelah mencapai puncak Gunung Manaslu.

Pada hari yang sama dia hilang, satu orang tewas dan lebih dari selusin terluka dalam longsoran salju di bawah di puncak yang sama. (*)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel