Gubernur Sumut Merasa Iba Dengan Walikota Medan

Foto : Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

DikoNews7 -

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi merasa ibah terhadap Wali Kota Medan Bobby Nasution terkait masalah banjir di Kota Medan yang kerap terjadi saat banjir kiriman dan hujan deras.

Hal tersebut disampauakan pada saat gelar rapat di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan pada Rabu (23/11/2022) 11.30 Wib dan menyampaikan  kondisi banjir di Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun beberapa waktu yang lalu.

"Dari dulu saya sudah sampaikan masyarakat dipinggir bantaran sungai harus direlokasi, kita banguan rumahnya, seperti di Sei Mati, pindahkan masyarakatnya dan arealnya kita jadikan kebun penghijauan sebagai penyerapan air", sebut Edy Rahmayady dalam rapat tersebut.

Edy Rahmayadi menyebut merasa kasihan terhadap Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam mengatasi masalah banjir dikarenakan sungai yang melintas di Kota Medan memiliki banyak hulu yang juga melintas diwilayah Deli Serdang.

Dirinya juga menyinggung soal solusi yang diberikan pemerintah tidak bisa terus menerus hanya memberikan bantuan.

"Saya jujur kasihan sama Bobby, dia susah payah atasi masalah banjir tapi cemana, sungai juga terletak di wilayah Deli Serdang, sahrusnya sama sama mengatasi, saya nggak bela Bobby, tapi kalau tidak bersatu nggakkan bisa", kata Edy Rahmayadi.

Sebelumnya Gubernur sudah pernah mengeluarkan anggaran untuk merelokasi rumah warga dibantaran sungai, namun terdapat kendala masih banyak warga yang menolak.

"Saya sudah pernah menurunkan anggaran untuk penenganan rumah warga yang tinggal dibantaran sungai, tapi tak berani Satpol PP kalau nggak TNI/Polri lindungi, maka harus bekerja sama", sebut Edy.

Edy Rahmayadi merasa kecewa dikarenakan pada saat gelar rapat banyak kepala dinas yang tidak hadir dalam rapat, Edy meminta agar rapat penanganan masalah banjir tersebut dilakukan lagi dengan audiens Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Kabupaten / Kota, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan koordinasi kepala dinas masing masing.

"Saya minta nanti dikumpulkan lagi ini, nanti harus hadir kepala dinas PU, Bappeda, BPN, TNI/ Polri, Dinas Kehutanan, kalau memang perlu saya turunkan APBD, itu uang rakyat jangan dikeluarkan uang tapi tak selesai", tandas Edy Rahmayadi.

Reporter : Misdi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel