Sekda : Karakter Siswa Berbeda Dulu dan Sekarang


Foto : Sekda Deli Serdang, H Timur Tumanggor membuka Pelatihan Guru Profesional.

DikoNews7 -

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H Timur Tumanggor SSos MAP membuka Pelatihan Guru Profesional dalam Program Bimbingan dan Konseling se-Kabupaten Deli Serdang Kerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) dan Dinas Pendidikan Deli Serdang di Aula Cadika, Kwarcab Pramuka Deli Serdang, Jumat (4/11/2022).

"Karakter dan perilaku siswa sekarang sangat berbeda dengan zaman dulu. Seperti saat ini, pendidikan mengalami perkembangan sangat pesat dengan kurikulum merdeka belajar. Program ini mampu mendidik karekter anak-anak bangsa yang selama ini mengalami krisis akibat kemajuan teknologi yang lebih canggih dari teknologi sebelumnya," kata Sekda dalam sambutannya.

Namun, lanjut Sekda, perkembangan zaman tidak bisa dilawan, tapi harus diimbangi dengan pembekalan serta pelatihan-pelatihan, sehingga pelaku pendidikan, maupun orangtua mampu mendampingi para siswa dalam era digital sekarang ini.

"Kita selaku pelaku pendidikan, maupun orangtua mampu mendampingi anak-anak kita dalam era digital ini, dan menjadi anak- anak yang akhlakul karimah, anak- anak yang terpuji, yang terbiasa mengucapkan kata, tolong, maaf, terima kasih. Kata-kata sederhana, namun sangat bermakna," papar Sekda.

Dan untuk menciptakan karakter anak yang akhlakul karimah dan terpuji, sebut Sekda, salah satunya adalah bagaimana pendekatan guru- guru terhadap siswa.

Sehingga, tidak ada istilah siswa/anak yang bermasalah, sesuai visi misi Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Sebelumnya, panitia penyelenggara, Sisilia Florina Yanti SP MSi dalam laporannya menyebutkan bimbingan dan konseling tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, sejak Jumat (4/11/2022) sampai Minggu (6/11/2022), da diikuti 111 guru dan dosen yang terdiri dari guru Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNUSU.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Wakil Rektor III UNUSU, Drs H Muhammad Hatta Siregar SH MSi; Sekretaris Badan Penyeleggara Pelaksana (BPP) UNUSU, Drs H Misran Sihaloho MSi; Pengurus BPP UNUSU, H Syahrial Tambunan MBA; Guru Besar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU), Prof Dr Nurussakinah Daulay MPsi; Kepala Dinas Pendidikan Deli Serdang, Yudy Hilmawan SE MM, para narasumber serta instruktur dari UIN-SU dan UNUSU. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel