Drs Ibrahim Tarigan : Proses Pelaksanaan Munas 2 IKA UISU Cacat Hukum

Foto : Kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) II Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Sumatera Utara (IKA UISU)

DikoNews7 -

Mujianto Wiji tidak boleh mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) II Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Sumatera Utara (IKA UISU), sebagai peserta yang berlangsung di Auditorium Kampus UISU, Sabtu (03/12/2022).

Padahal Mujianto Wiji selaku
Ketua IKA Fakultas Ekonomi (FE) UISU, memiliki hak suara dalam mengikuti Munas untuk melakukan pemilihan pengurus  periode 2022-2027.

Mujianto Wiji mengakui jika pihak panitia memerintahkan adik-adik mahasiswa untuk mengeluarkannya, pada saat  masih pembahasan tata tertib (Tatib) oleh panitia.

“Saya heran, gara-gara tidak ada tanda tangan sekretaris IKA FE UISU dalam surat mandat yang dibuat aturannya oleh panitia membuat Ketua IKA FE tidak diperbolehkan masuk, padahal jelas dalam struktur jabatan Ketua lebih tinggi dari pada Sekretaris,” ujarnya.

Namun, untuk surat mandat tersebut ditandatangani langsung oleh ketua dan wakil sekretaris tapi pihak panitia tidak mengakui karena surat dukungan tersebut harus ditandatangani oleh Sekretaris.

“Inikan aneh, kenapa pula tandatangan Sekretaris diakui dari pada Ketua,” ucapnya.

Ketua IKA FISIP UISU, Drs Ibrahim Tarigan mengatakan, pihaknya melihat munas ini cacat hukum, yang registrasi anggota ada unsur keberpihakan oleh Organisir Comite (OC) dan Stering Comite (SC) karena dalam pelaksanaannya memilah-milah siapa saja yang bisa ikut.

Ini dibuktikan adanya  salah seorang Ketua Fakultas Ekonomi tidak dibenarkan menjadi peserta, bahkan dikeluarkan dari forum munas tersebut.

“Saya sebagai peserta meminta kepada OC dan SC agar membentuk tim independen untuk memverifikasi peserta, apakah ini harus ketua dan sekretaris menjadi  peserta, sesuai dengan surat keputusan (SK) yang dimiliki fakultas dan daerah,” tegasnya.

Ibrahim menyebut, tujuannya agar pelaksanaan Munas bermartabat dan profesional sesuai aturan yang berlaku.

Pantauan dilapangan, terlihat sejumlah alumni UISU hampir bentrok dengan adik-adik mahasiswa yang menjaga di pintu depan Auditorium saat berlangsung munas.

Informasi lain yang di peroleh  wartawan, sebagian Fakultas yang mewakili masing-masing Dewan Perwakilan Daerah (DPD) alumni keluar dari forum munas tersebut. 

Reporter : Boim

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel