Proses Pembersihan Areal HGU Hampir Rampung, Warga Pandawa Lima Terima Suguh Hati Dari PTPN4 Balimbingan


DikoNews7 -

Menyusul pelaksanaan eksekusi atas lahan HGU No.7 PTPN 4 kebun Balimbingan, di Nagori Bah Kisat, Kecamatan Tanah Jawa, pihak PTPN 4 melanjutkan pemberian suguh hati kepada warga yang selama ini menguasai lahan serta mendirikan tempat tinggal di sana. Pemberian suguh hati ini merupakan bagian dari keperdulian pihak PTPN 4 kepada warga, baik yang tergabung dalam kelompok Pandawa Lima (kelompok 28) maupun kelompok 17.

Menurut Manejer kebun Balimbingan Aulia Irfan, di samping terus melakukan pembersihan areal untuk segera melakukan penanaman ulang kelapa sawit di areal HGU Nagori Bah Kisat, pihaknya sekligus juga sudah memberitahukan kepada warga untuk menerima suguh hati, sebagai wujud keperdulian PTPN 4 kepada warga penggarap. Sampai Rabu (4/01) sudah 6 warga yang menerima suguh hati di kantor Manejer kebun Balimbingan. Mereka adalah Sanip Harahap, Kahadi, Jefridin, Nasib, Karsiyem dan Sudarman (Ketua Kelompok Pandawa Lima).

“Kita berharap pemberian suguh hati ini bisa berjalan lancar, dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, warga akan segera meninggalkan lokasi permukiman mereka yang berada di areal HGU tersebut,” harap Aulia Irfan.

Seperti direncanakan pihak PTPN 4, seluruh areal HGU seluas 96 hektar lebih itu akan ditanam ulang kelapa sawit yang akan menjadi bagian dari areal afdeling 2 kebun Balimbingan. Selama ini dari 4 afdeling di kebun Balimbingan, afdeling 2 merupakan afdeling dengan hasil produksi kelapa sawit yang cukup tinggi. Karena itu pihak kebun Balimbingan berusaha semaksimal mungkin untuk mengelola areal HGU di afdeling 2 tersebut.

“Saat ini kita sedang menyiapkan bibit yang akan kita drop ke lokasi untuk dilakukan penanaman ulang. Sementara di lokasi sendiri masih terus dilakukan pembersihan batang-batang pohon sawit (chipping) untuk kemudian dilanjutkan dengan pembuatan lubang-lubang untuk ditanami bibit kelapa sawit yang baru,” jelas Aulia Irfan.

Warga yang menerima suguh hati mengaku bersyukur atas perhatian yang diberikan pihak PTPN 4, dan berharap bisa memanfaatkan dana suguh hati itu dengan sebaik-baiknya. **(esa)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel