Disdik Jalin Kerjasama Dengan Kejari Batu Bara Pengawasan Atas Sistem Perbukuan


DikoNews7 -

Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Batu Bara melalui Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) melaksanakan sosialisasi Pelaksanaan Pengawasan Atas  Sistem Perbukuan yang dilakukan atas kerjasama Disdik  dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu Bara, di Aula Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Komplek Inalum, kecamatan Sei Suka, Kamis (09/02/2023).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara D. Tumanggor melalui Kepala Bidang (Kabid) Dikdas Ardat dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kepala sekolah mesti mengontrol dan mengawasi buku-buku yang digunakan guru di ruang kelas.

Ia juga mengatakan, bahwa buku sebagai salah satu sumber belajar siswa akan mempengaruhi bagaimana siswa kita kedepannya.

Dalam sambutannya ia juga menyampaikan pesan Plt. Kadisdik Batu Bara D. Tumanggor di hadapan para guru dan kepala sekolah yaitu, Jaga bacaan mu karena akan menjadi pikiran mu, Jaga pikiran mu karena akan menjadi prilaku mu, Jaga perbuatan mu karena akan menjadi karakter mu, Jaga karakter mu karena akan menjadi diri mu.

“Oleh karena itu, apa pun buku yang kita baca akan menjadikan siapa diri kita. Maka kita sebagai kepala sekolah, kita harus selektif dalam melakukan pengawasan terhadap buku yang dibaca anak didik kita, “ ungkap Ardat.

Sementara itu, Kasie Intel Kejari Batu Bara Doni Harahap selaku narasumber mengatakan, bahwa Kejaksaan siap melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah melalui dinas pendidikan untuk melakukan pengawasan terhadap buku-buku yang beredar di sekolah-sekolah seluruh kabupaten Batu Bara.

Doni juga mengungkapkan, buku yang baik mestilah tidak mengandung unsur pornografi, kesetaraan gender, ras, suku dan agama. Tidak berisi ujaran kebencian dan perpecahan, tidak terdapat penyimpangan sejarah.

“Jika kepala sekolah menemukan ada buku-buku yang tidak sesuai, hendaknya segera melaporkan ke Kejaksaan melalui dinas pendidikan, “ pinta Doni.

Kegiatan di hadiri oleh, Kadisdik Batu Bara di Wakili Kabid Dikdas, Kasie Intel Kejari Batu Bara selaku nara sumber beserta staf, Kabid SMP, 124 orang Kepala sekolah SD dan 56 orang kepala SMP selaku peserta.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel