Duka Warga Ukraina Setahun Invasi Rusia: Ibu Kehilangan Anak, Istri Jadi Janda


DikoNews7 -

Setahun berlalu, invasi Rusia ke Ukraina tak kunjung berakhir. Tahun 2022 lalu pertumpahan darah akibat perang Rusia Ukraina telah merenggut banyak nyawa. 

Tak sedikit pula yang patah hati kehilangan orang-orang terkasih serta bersusah payah untuk bertahan hidup.

Malam-malam penuh ketegangan masih menyelimuti Ukraina. Masyarakat pun mempunyai kisah perang mereka sendiri, yang melekat di ingatan.

Bagaimana warga Ukraina menjalani kehidupan yang ekstrem akibat invasi Rusia ke Ukraina?

Masyarakat dunia mempertanyakan bagaimana kehidupan mereka setelah satu tahun perang yang mengubah segalanya, dan bagaimana mereka menghadapi kenyataan baru tersebut?

Berikut ini kisah warga Ukraina melansir dari itv.com, Sabtu (25/2/2023).

Kehilangan Keluarga

Sonia, gadis asal Kyiv berusia 13 tahun ini kehilangan keluarganya pada awal perang.

Dua hari setelah invasi Rusia dimulai, saat pasukan Moskow mulai mendekati Kyiv, keluarga Sonia mencoba melarikan diri dari ibu kota Ukraina dengan mobil. 

Tapi saat mereka pergi, pasukan Rusia melepaskan tembakan, dan membunuh semua keluarga Sonia. Ia pun terluka parah.

Begitu parahnya luka-lukanya sehingga dia di beritahu, kemungkinan dia tidak akan pernah bisa berjalan lagi.

Nenek Sonia, Svitlana, yang sekarang merawatnya, mengatakan kepada ITV News bahwa ini adalah "kesedihan yang luar biasa" yang harus mereka jalani.

"Dia merindukan kakak dan adiknya. Dia tidak menunjukkannya, tapi aku bisa melihatnya. Aku bisa melihat bagaimana reaksinya ketika mendengar nama Polina dan Samen di suatu tempat," kata neneknya kepada ITV News.

"Sesuatu sedang terjadi padanya pada saat itu," ucapnya kembali. 

Svitlana menjelaskan bahwa hidup ini tidak masuk akal, dan dia tidak tahu apa yang akan dia lakukan jika Sonia juga tewas dalam serangan itu. Dia menambahkan, "Ia adalah satu-satunya keluarga yang aku punya".

Hubungan Sonia dan keluarganya sangat dekat, mereka mencintai alam bebas. Orang tuanya bernama Anton dan Svetlana, keduanya adalah dokter hewan. Dia juga dekat dengan adik-adiknya, yang bernama Polina dan Samen. (*)


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel