Bupati Batu Bara Buka Perayaan Pesta Tapai


DikoNews7 -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP resmi membuka tradisi tahunan masyarakat Batu Bara pesta tapai yang berlangsung di Desa Dahari Selebar, kecamatan Talawi, Senin (27/02/2023) malam.

Bupati Zahir dalam sambutannya mengatakan, jika pesta tapai ini adalah tradisi turun temurun masyarakat Melayu di wilayah pesisir Batu Bara yang digelar setiap menjelang bulan Ramadhan.

Pembukaan pesta tapai malam ini merupakan momentum yang baik bagi kita untuk saling dan lebih mengenal adat istiadat masyarakat pesisir sebulan sebelum bulan suci ramadhan tiba, “ sebut Bupati Zahir.

Dia berharap tradisi pesta tapai berdampak positif bagi pelaku UMKM dan masyarakat Desa Dahari Selebar.

‘’Pada perayaan pesta tapai tahun ini tak hanya menambah kepedulian terhadap seni budaya yang ada di kabupaten Batu Bara tetapi juga menambah ekonomi, “ ucap Bupati Zahir.

Menurutnya, tradisi pesta tapai ini merupakan salah satu aktualisasi dari amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dan Permendagri Nomor 52 Tahun 2007 tentang Pedoman Pelestarian dan Pembangunan Adat Istiadat dan Nilai Sosial Budaya Masyarakat.

Lanjut Bupati Zahir, pesta tapai juga tidak terlepas dari integral pembangunan kabupaten Batu Bara di bidang seni dan budaya.

Lebih lanjut di katakannya, pesta tapai sendiri dahulunya bermula saat Desa Dahari Selebar banyak dikunjungi para pedagang kerbau untuk kebutuhan menyambut bulan ramadhan. Dari situlah masyarakat sekitar mencoba keberuntungan dengan berdagang makanan khas Melayu yaitu lemang dan tapai.

Seiring berjalannya waktu pedagang semakin banyak dan menambah menu khas Melayu lainnya seperti, yang sering di jumpai saat pesta tapai yaitu dodol, selai srikaya, karas-karas hingga rendang serai kepah, tutur Bupati Zahir mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Kadis Porabudpar Syafri Musa melalui Kabid Kebudayaan Hj. Halimah mengatakan, kegiatan perayaan pesta tapai tahun 2023 berlangsung dari 27-04 Maret 2023.

“Tradisi pesta tapai yang dirangkai dengan mandi belimau pada penutupan yang merupakan tradisi secara turun temurun di lakukan masyarakat pesisir Batu Bara menyambut bulan ramadhan dan sekaligus meugang (menyembelih kerbau) lalu dagingnya dijual sebagai lauk untuk disantap menjelang bulan ramadhan datang.

Pembukaan perayaan pesta tapai turut dihadiri Pj Setdakab Batu Bara Norma Deli Siregar, Ketua Kadin H Ok Faizal, Wakil ketua DPRD Batu Bara, Anggota DPRD Batu Bara, Muklis Bachin, Plt Sekwan, Fauzi, Kepala Bapenda, Rizali, Kadis Peternakan dan Perikanan, Antoni Ritonga, Camat Talawi, Basrah, Unsur Forkopincam, Kades Dahari Selebar, Kades Mesjid Lama, Tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel