Kantor Otoritas Dukung Terselenggaranya Sertifikasi Kompetensi TKBM Pelabuhan Belawan


DikoNews7 -

Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan mendukung terselenggaranya pendidikan dan pelatihan Kompetensi Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Belawan yang diinisiasi oleh Ketua Koperasi TKBM, Sabam Parulian Manalu.

"Kami sangar mendukung terselenggaranya pendidikan dan pelatihan kompetensi TKBM yang ikuti 2.800 peserta," kata Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Wisnu Handoko ketika berlangsung apel TKBM Pelabuhan Belawan di halaman Kantor Otoritas Pelabuhan Belawan, Senin (6/3/2023) pagi.

Wisnu mengatakan, diklat kopetensi ini perlu dilakukan untuk seluruh TKBM di Pelabuhan Belawan yang memeliki sertifikat kompetensi sebagana amanat pasal 3 ayat (7) Peraturan Menteri Perhubungan No PM 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan angkutan di perairan, yaitu TKBM harus mimiliki kompetensi di bidang bongkar muat yang dibuktikan dengan sertivikat kompetensi bongkat muat., pengangutan dan pergudangan serta aktivitas penunjang angkutan.

Dikatakan, standar kebutuhan kualifikasi SDM TKBK barang barang umum di Pelabuhan diwujudkan ke dalam standar kompetensi bidang keahlian yang merupakan refleksi atas kompetensi yang diharafkan dimiliki orang yang bekerja di bidang jasa bongkar muat barang di pelabuhan.

Kepala OP Utama Belawan, berharap sebanyak 2.800 peserta diklat dapat mengikuti dengan baik dan mendapatkan sertifikat sesuai harapapan. Diklat berlangsung pada 7 hingga 14 Maret 2023 yang berangsung di Belawan.

Terpisah, Ketua TKBM Pelabuhan Belawan, Sambam Parulian Manalu mengakatan diklat dilakukan oleh paga TKMB yang bekeja di Pelabuhan Belawan, agar para pekeja benar benar berkompetensi di bidang usahanya.

"Kita berusaha untuk meningkatkan kompetensi para buruh, agar mereka bisa berkompetensi dibidangnya, sehingga kemampuannya bisa setara dengan buruh pelabuhan yang telah mengikuti kompetensi," ujar Sabam.

Reporter : Nur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel