Resmikan Gedung BLK, Bupati Zahir : Lulusan BLK di Perkuat Uji Kompetensi


DikoNews7 -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian dan Perdagangan (Disnaker Perindag) Kabupaten di Desa Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Selasa (21/03/2023).

Bupati Batu Bara, Zahir dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara menyambut baik dan mengapresiasi berdirinya gedung Balai Latihan Kerja (BLK) kabupaten Batu Bara.

“Kehadiran UPT BLK menjadi penting agar putar putri Batu Bara memiliki skil yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, disamping itu juga UPT BLK mempersiapkan skill putra putri Batu Bara untuk menjadi wirausaha, “ ujar Zahir.

Lanjut Zahir, dengan adanya UPT BLK ini kiranya dapat menjadi wadah untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja dengan kemampuan angkatan kerja siap pakai dan dipihak lain membutuhkan pengelolaan BLK yang profesional, efektif dan efisien dan dukungan peralatan pelatihan dan instruktur senior yang berpengalaman serta bersertifikasi assesor.

“UPT BLK Batu Bara akan sangat membantu sebagai wadah untuk memproses peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai macam program pelatihan sebagai tujuan akhir dari lembaga pemerintah ini dalam mempersiapkan tenaga kerja yang profesional dan berkualitas, “ sebut Zahir.

Di samping itu, permintaan calon tenaga kerja lulusan UPT BLK Batu Bara diperkuat dengan Uji Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi bersama Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia untuk mengisi berbagai lowongan pekerjaan di perusahaan, tentunya juga harus mampu beradaptasi sesuai dengan standart kebutuhan perusahaan tersebut.

“Dengan adanya UPT BLK ini lebih dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kabupaten Batu Bara pencari kerja untuk mendapatkan pelatihan keterampilan kerja agar dapat bersaing dipasaran kerja, “ harap Bupati Zahir.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian dan Perdagangan (Disnaker. Perindag) kabupaten Batu Bara, Buhari Imran dalam sambutannya mengatakan, salah satu program kerja Pemkab Batu Bara adalah untuk meningkatkan kesempatan kerja dalam rangka menurunkan tingkat pengangguran di kabupaten Batu Bara.

‘Salah satu masalah ketenagakerjaan di kabupaten Batu Bara yang saat ini dihadapi adalah kurangnya kompetensi pencari kerja, dimana pencari kerja banyak yang belum memiliki kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan, “ beber Buhari.

Menyikapi hal tersebut, Disnaker Perindag kabupaten Batu Bara melakukan pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan kemampuan para pencari kerja di kabupaten Batu Bara, sehingga diharapkan para pencari kerja mempunyai skill dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau pun menjadi pengusaha baru, papar Buhari.

“Dengan adanya BLK ini dapat meningkatkan kompetensi para adik-adik pencari kerja dan mampu menciptakan pengusaha baru di kabupaten yang kita cintai ini, sehingga Visi Misi Bupati Batu Bara dapat tercapai terutama dalam bidang Ketenagakerjaan, “ pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) kabupaten Batu Bara, OK Faizal mengucapkan selamat dan sukses serta apresiasi atas peresmian gedung UPT BLK Disnaker Perindag untuk selanjutnya melaksanakan program-program kerja strategis di UPT BLK kabupaten Batu Bara.

Ia berharap lembaga pelatihan milik pemerintah ini dalam menghadapi tantangan saat ini dan kedepan bagaimana meningkatkan daya saing tenaga kerja kabupaten Batu Bara melalui kompetensi dan sertifikat keahlian.

Menurut Amanah Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi mengatur Kadin sebagai Mitra Pemerintah untuk memastikan implementasi vokasi berbasis permintaan yang menyeluruh dan terintegritas Perpres ini mengamanahkan tugas pokok Kadin sesuai tingkatannya yaitu :

1. Menyusun dan memperbaharui standart kompetensi kerja nasional, Indonesia (SKKNI) terkini.

2. Mendukung ketersediaan tenaga pendidik dan instruktur yang sesuai standart kompetensi kerja (SKK).

3. Mendirikan lembaga pendidikan dan / atau pelatihan vokasi di daerah yang diprioritaskan, seperti kawasan ekonomi khusus (KEK) kawasan industri.

“Oleh karena itu kita perlu mempersiapkan SDM yang memiliki kompetensi dan keahlian kerja, sehingga perusahaan bisa menerima tenaga kerja lulusan BLK, bila perlu BLK / Pemerintah menjalin MoU dengan perusahaan-perusahaan, BLK Suplay tenaga kerja sesuai Demand perusahaan, dan Kadin Batu Bara siap menjembati itu dan bagi lulusan BLK yang berkeinginan menjadi wirausaha tetap kita dorong menjadi wirausa mandiri di bidang UMKM,“ ungkap Ketua Kadin Batu Bara, OK Faizal.

Peresmian gedung BLK Disnaker Perindag Batu Bara turut di hadiri, Ketua Kadin Batu Bara H. OK Faizal, Ketua Umum Gemkara Batu Bara Khairul Muslim, Kadis Perikanan dan Peternakan Antoni Ritonga, Kadis Kominfo Edwin Sitorus, Iqbal Ibrahim dari BPPP Medan Kementerian Tenaga Kerja.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel