Amankan Aksi Demo, Kompol Wirhan : Polri Lakukan Pengamanan Dengan Humanis


DikoNews7 -

Dipimpin Kabag Ops Kompol Wirhan Arif, puluhan personil Polres Labuhanbatu secara humanis tampak siap siaga melakukan pengamanan aksi unjuk rasa sekelompok massa dari mahasiswa yang menyebut dirinya GemaAku dan masyarakat Aek Kuo di PT Smart Tbk Padang Halaban, Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumut.

Informasi dihimpun, aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa dan masyarakat di PT Smart Tbk tersebut merupakan kali kedua yang menuntut agar pihak perusahaan membebaskan akses jalan poros masyarakat yang masuk dalam HGU perusahaan.

Aksi unjuk rasa juga hampir memanas saat rombongan massa aksi yang menggunakan mobil bak terbuka beserta pengeras suara akan mendirikan tenda untuk bermalam di area lokasi aksi, namun berkat pendekatan yang humanis dari pihak polri akhirnya pasang tenda tersebut berhasil dibatalkan.

"Dalam orasinya, massa aksi menuntut agar jalan masyarakat yang tidak boleh dilewati karena diduga dikuasai perusahaan agar dibebaskan dari HGU perusahaan. Aksi unjuk rasa ini merupakan aksi yang kedua kalinya," Ucap Kompol Wirhan Arif pada wartawan, Jumat (7/4/2023) di Mapolres Labuhanbatu.

Sekira pukul 16.35 wib tadi, sambung Wirhan, rombongan massa sempat akan mendirikan tenda atau teratak di depan pintu masuk PKS PT Smart dengan maksud untuk bermalam, namun petugas langsung sigap untuk mencegahnya karena dapat mengganggu aktivitas dan keterlibatan umum.

"Kita lakukan pendekatan secara humanis kepada massa agar pemasangan tenda tersebut dibatalkan karena itu sudah melanggar undang undang nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum. Serta melanggar Pasal 6 ayat 2 tentang batasan waktu yang diperbolehkan dalam melaksanakan unras Perkap No.9 Tahun 2008," Imbuhnya.

Wirhan menambahkan, sebelumnya melakukan pengamanan dirinya sudah melakukan arahan kepada anggota untuk melakukan pengamanan secara humanis, karena Polri harus mengedepankan sikap humanis meski terkadang mendapat kalimat yang keras dari massa aksi.

"Kita juga meminta kepada massa aksi agar membubarkan diri sesuai batas waktu yang ditentukan dalam aturan tentang pelaksanaan unjuk rasa, syukur alhamdulillah dengan himbauan yang humanis sekira Pukul 19.10 wib setelah berbuka puasa massa membubarkan diri dari sasaran aksi dan kembali ke rumah masing-masing dengan tertib". Tutup Kompol Wirhan. 

Reporter : Indra Dharma

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel