Proyek Siluman di Sei Bilah, Camat Sei Lepan Tidak Tau Proyek Yang Dilaksanakan


DikoNews7 -

Saat ini Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, gencar melakukan pembangunan disegala sektor, namun pembangunan yang dilakukan membuat masyarakat bingung, pasalnya tidak satupun papan informasi (plank proyek) yang dapat ditemui terkait pembangunan yang sedang dilaksanakan. Sabtu (17/05/2023).

Seperti terlihat dalam pembangunan drainase di lingkungan I Patok dan lingkungan VII Sei Bilah, pengerjaan sudah berlangsung lebih kurang seminggu, namun hingga saat ini tidak terlihat plank informasi disekitar lokasi.

Selain itu, terlihat tumpukan material bangunan berserak di beberapa titik yang tersebar di VII Lingkungan yang ada di Kelurahan Sei Bilah, bahkan material pasir dan kerikil dibiarkan berhari-hari hingga memakan badan jalan, tentunya ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan bagi para pengendara yang melintas terutama saat malam hari yang minim pencahayaan.

"Ada apa ini, proyek sudah dikerjakan namun tidak di pasang plank proyek, sesuai UU KIP No 14 tahun 2008, pihak pelaksana atau kontraktor harus memberikan informasi terkait proyek yang dilaksanakan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengawasi proyek yang dikerjakan, jika tidak ada papan informasi, sudah pasti rawan akan terjadinya penyalahgunaan anggaran," ucap Ridwan warga Sei Bilah yang akrab disapa dengan panggilan Omen.

Sementara itu, isu yang beredar, pembangunan yang dilaksanakan merupakan Proyek Peningkatan Kualitas Kawasan Pemukiman Kumuh Dengan Luas 10 Ha sampai dengan di bawah 15 Ha di Sei Bilah, Kabupaten Langkat tipe A, dengan anggaran mencapai Rp 6 milyar lebih bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Utara TA 2023.

Lurah Sei Bilah Evi Diana Rika.A.Md saat dikonfirmasi terkait siapa pelaksana proyek dan menempatkan material hingga ketengah jalan di Lingkungan VII depan Prumnas Simp 3 Curam, dengan singkat Bu Lurah menjawab," Pemprov bang. Parit ya bang? Nanti saya sampaikan ke dinas terkait bang," ucapnya melalui pesan Aplikasi WhatsApp.

"Sementara itu, Camat Sei Lepan M Iqbal Ramadhan SE saat ditanya tentang pengerjaan proyek yang dilaksanakan di Kelurahan Sei Bilah, dengan tegas dirinya mengatakan tidak mengetahui kapan  mulai dikerjakan.

"Sampai saat ini saya belum tau bang kapan mulai dikerjakan, karena pihak pelaksana tidak ada koordinasi dengan kita, nanti hari Senin kita ada rapat di Kantor Lurah bang, biar saya tanyakan," ucap M Iqbal.

"Banyak proyek yang dilaksanakan, mulai pembuatan drainase, jalan dan paving block, pengerjaan saluran, bekisting, pemasangan batu lining drainase dan lainnya, ini dana bukan sedikit, jangan bodohi masyarakat dengan tidak memasang papan plank proyek," tambah Omen. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel