Plt Kadis Perkim LH Batu Bara Buka Sosialisasi Pengelolaan Sampah Melalui Ecobric dan Eco Enzim


DikoNews7 -

Plt Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) kabupaten Batu Bara, Frans Sahala Fiter Batu Siregar ST membuka sosialisasi pengelolaan sampah melalui Ecobric dan Eco Enzim sebagai langkah awal dalam meminimalisasi timbulan sampah, yang diselenggarakan di Aula kantor camat Talawi Jln Imam Bonjol Kelurahan Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Senin (26/06/2023).

Dalam sambutannya, Kadis Perkim LH kabupaten Batu Bara dalam hal ini diwakili oleh ketua tim substansi pemeliharaan lingkungan pada bidang pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, Kamaruddin mengatakan, harus kita ingat bahwa urusan sampah dan pelestarian alam bukanlah masalah kecil, karena menyangkut masa depan generasi kita.

Pengelolaan sampah atau limbah plastik disebut menjadi salah satu permasalahan besar di seluruh dunia. Karena sifatnya yang tidak dapat terurai, ucapnya.

“Melihat permasalahan tersebut, ada sebuah solusi alternatif yang ditawarkan untuk mengelola dalam era modern sekarang. Solusi tersebut adalah dengan menjadi Ecobric dan Eco Enzim, “ sebut Kamaruddin.

Untuk itu pada kegiatan ini saya mengajak kita semua mari tetap menjaga kelestarian lingkungan dengan berfikir cerdas. Kelestarian lingkungan hidup kita dan kita mulailah dari lingkungan tempat tinggal kita agar semakin meningkatkan kenyamanan kita beraktivitas.

Dalam kesempatan tersebut Kamaruddin berharap, nantinya generasi ini dapat bersinergi dengan Pemerintah kabupaten Batu Bara. Melalui Dinas Perkim LH dalam hal pengelolaan sampah.

Sebelumnya Ketua Gerakan Mahasiswa Peduli Daerah (Gempar) kabupaten Batu Bara, Khairil Nawawi menyebutkan, momen ini menjadi suatu kebahagiaan bagi Gempar kabupaten Batu Bara bisa berkolaborasi dengan Dinas Perkim LH dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meminimalisasi sampah melalui kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah melalui Ecobric dan Eco Enzim.

Lanjut Nawawi, kami juga mengapresiasi Dinas Perkim LH yang sudah menjalankan amanat UU Nomor 18 tahun 2008 tentang pengolaan sampah, bahwa Pemerintah memiliki tugas untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengolaan sampah. Hari ini sudah diwujudkan oleh Dinas Perkim LH kabupaten Batu Bara.

Sebagaimana di ketahui, bahwa lingkungan hidup yang nyaman merupakan harapan bagi semua orang. Dalam kesempatan ini Gempar mengajak kepada ibu-ibu PKK sebagai peserta untuk menjaga lingkungan dari sampah.

Kata Nawawi, persoalan sampah yang ada saat ini bukan semata-mata kita serahkan kepada Pemerintah, namun kita perlu sadar dan paham bahwa masalah sampah adalah masalah kita bersama.

“Sebagai individu yang memiliki akal sehat sudah menjadi tanggung jawab dan kesadaran untuk senantiasa menjaga dan merawat lingkungan tempat kita tinggal saat ini, “ ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah melalui Ecobric dan Eco Enzim turut di hadiri pemateri dari Kota Medan Issurya Nancy. S.Sos. M. SI, Camat Talawi Basrah, Plt Kadis Perkim diwakili bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Kamaruddin, Ketua TP PKK kecamatan Talawi dan seluruh TP PKK Desa se-kecamatan Talawi.

Sementara itu Camat Talawi, Basrah. S.Pd. M. SI dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Gempar kabupaten Batu Bara, kami tetap  mendukung, mudah-mudahan apa yang dilakukan Gempar untuk kepentingan masyarakat kabupaten Batu Bara terkhususnya di kecamatan Talawi.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel