PRSU Ke-49 Tahun, Pagelaran Seni Budaya Batu Bara Menyita Perhatian Pengunjung


DikoNews7 -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP dan Wakil Bupati Oky Iqbal Frima SE hadir menyaksikan anak-anak Batu Bara di panggung utama Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Jl. Gatot Subroto, Medan, Jum’at (14/07/2023) malam, berhasil menyita perhatian ratusan pengunjung pada malam pagelaran seni budaya Batu Bara.

Malam pagelaran seni budaya  kabupaten Batu Bara di panggung utama PRSU ke-49 tahun 2023 yang dihadiri oleh ratusan pengunjung termasuk Sekda Batu Bara Norma Deli Siregar, Ketua TP PKK Ny. Maya Indriasari Zahir, Ketua DPRD Batu Bara M. Safi’i, Ketua Kadin OK Faizal, Asisten, Kepala OPD, para Camat, seluruh Kepala Desa, dan kepala sekolah SD dan SMP se-kabupaten Batu Bara.

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M. AP melalui sambutannya mengatakan, pada kegiatan PRSU malam ini adalah malam yang ditetapkan dari Provinsi bahwa pagelaran seni dan budaya Batu Bara ditampilkan pada malam hari ini.

PRSU ini dilaksanakan hampir setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi, disini adalah berkumpulnya para UMKM disini akan ditampilkan produk khas unggulan daerah kemudian disini juga akan ditampilkan kesenian dan kebudayaan daerah-daerah se-Provinsi Sumatera Utara, beber Bupati Zahir.

“Makanya hari ini Sumut mengambil judul “ Berikan Cerita Terbaik Mu “ artinya berikan hal-hal yang terbaik dari kabupaten kota mu dan malam ini kabupaten Batu Bara melaksanakan pagelaran seni, “ ujarnya.

Ia berharap, mudah-mudahan kita saksikan nanti kegiatan ini, dan saya berterima kasih kepada seluruh OPD yang tergabung pada kegiatan malam pentas seni budaya Batu Bara, kemudian kepada OPD yang telah mempersiapkan kegiatan di Kota Medan.

“Ayo kita lihat yang terbaik nanti kita pulang menceritakan yang terbaik di tempat lain di kabupaten Batu Bara, itulah tema yang diambil bapak Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) lihat, hayati, resapi, kalau yang terbaik itu sesuai dengan budaya, keragaman, etnis, suku yang ada di Batu Bara kita ceritakan nanti di kabupaten Batu Bara, “ ungkap Bupati Zahir.

Begitu juga kepada masyarakat kabupaten Batu Bara yang hadir dari Medan, kabupaten / kota lain, masyarakat Batu Bara yang hadir di tempat ini ceritakan yang terbaik nanti kepada keluarga kita di rumah masing-masing, yang tidak baik jangan diceritakan itu tidak baik, pesan Bupati Zahir.

Lebih lanjut Bupati Zahir mengatakan, tentu Pemerintah sekarang bersama Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara ini terus berbenah, kami berdua minta maaf selama lima tahun dalam memimpin Batu Bara banyak yang belum bisa kami realisasikan sesuai dengan Visi Misi.

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) tahun 2023 yang di pusatkan di Komplek Tapian Daya Jl. Gatot Subroto ini merupakan even tahunan yang sempat terhenti di karenakan kita kedatangan tamu Covid-19, walaupun sekarang sudah baik menurut banyak kalangan tapi menurut kami ini belum maksimal, sebutnya.

Oleh sebab itu, berikan waktu kepada kami, ya, untuk bisa kembali melanjutkan kepemimpinan ini pada periode berikutnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 nanti, tidak malu kami menyatakan belum sempurna untuk apa kita mengatakan sempurna tapi faktanya memang kami rasakan belum, ya, tapi hal-hal tadi yang saya sampaikan adalah merupakan faktor yang itu juga datangnya dari allah swt, tukas Bupati Zahir.

Amatan DikoNews7-, Pekan Raya Sumatera Utara tahun 2023 yang di pusatkan di Komplek Tapian Daya Jl. Gatot Subroto, kota Medan, mengusung tema “ Berikan Cerita Terbaik Mu “ Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara  pagelaran seni budaya Batu Bara pada Pekan Raya Sumatera Utara menampilkan berbagai kesenian seperti, tarian Melayu, nyanyian, senandung Batu Bara, fashion show dan produk khas Batu Bara.

Sebelumnya, laporan panitia yang disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Perindustrian dan Perdagangan (Disnaker Perindag) Bukhori Imran menyampaikan, tema kegiatan tahun ini “Berikan Cerita Terbaik Mu “ maksud kegiatan PRSU adalah terbangunnya suatu konsep yang berdaya guna dan asfek investasi perdagangan, infrastruktur Sumatera Utara kepada publik Sumatera Utara, nasional, dan regional.

Tujuan dan pelaksanaan PRSU sebagian dari pusat produksi produk-produk UKM Sumatera Utara khususnya kabupaten Batu Bara sebagai media promosi budaya etnis yang ada di Sumut khususnya budaya Melayu.

Pelaksanaan PRSU di mulai dari 16 Juni hingga 17 Juli 2023. Kegiatan PRSU melibatkan seluruh OPD di kabupaten Batu Bara yaitu Disnaker Perindag, Koperasi UKM, Perkim, Disporabupar, dan OPD lainnya.

Pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari peran Dekranasda yang telah mendorong dan membantu perkembangan potensi serta mempromosikan UKM Batu Bara. Terima kasih kepada Ketua Dekranasda yang telah banyak berkiprah dan pelaku UKM serta pengembangan seni dan budaya Batu Bara.

Selama tiga tahun PRSU ini paviliun kabupaten Batu Bara menampilkan berbagai potensi seperti, kerajinan, makanan, wisata, kebudayaan, kerajinan tenun dan sebagainya. Kita tampilkan malam kesenian Batu Bara yang terdiri dari berbagai etnis yang ada di kabupaten Batu Bara, tandas Kadisnaker Perindag.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel