Lounching Posko KBN di Labura, AKBP James : Deklarasi Masyarakat Juga Penting


DikoNews7 -

Tindaklanjuti program Kapolda Sumut dalam pemberantasan narkoba, Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu lounching peluncuran program kampung bebas narkoba (KBN) Polres Labuhanbatu di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumut.

Hal itu disampaikan Kapolres Labuhanbatu melalui Kasi Humas Iptu Parlando Napitupulu kepada wartawan, Sabtu (19/8) siang. 

Ia mengatakan, lounching kampung bebas narkoba tersebut dilaksanakan di Posko KBN yang berlokasi di Desa Kualuh Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu, pada Jumat 18 Agustus 2023 semalam. 

"Selain Kapolres Labuhanbatu dan PJU, giat tersebut juga dihadiri pihak Forkopimda Kabupaten Labura, para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dilingkungan setempat," paparnya. 

Parlando juga menerangkan, pada kesempatan itu Kapolres juga menyampaikan tentang capaian penegakan hukum yang dilakukan Polres Labuhanbatu dalam pemberantasan narkoba diwilayah hukumnya, yakni 171 kasus dengan 202 tersangka berhasil ditindak sejak Januari hingga Juli 2023. 

"Saat itu kapolres juga mengatakan bahwa upaya pemberantasan narkoba membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, pemerintahan desa, pemerintahan kecamatan, dan pemerintah Kabupaten," ujarnya. 

"Pentingnya deklarasi dan ikrar dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mencegah peredaran dan penggunaan narkoba memang sangat dibutuhkan," kata Parlando mengulang bahasa Kapolres. 

Selain tindakan penegakan hukum, lanjutnya, Polres Labuhanbatu juga akan rutin melakukan pembinaan melalui giat sosialisasi bahaya narkoba. 

"Tidak hanya fokus pada narkoba, saat ini Polres Labuhanbatu juga mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan dan informasi terkait pengguna narkoba serta masalah stunting," ujar Parlando. 

"Masyarakat diharapkan dapat melaporkan individu yang menggunakan narkoba atau keluarga yang mengalami masalah stunting kepada Polres Labuhanbatu atau Posko Kampung Bebas Narkoba (BKN) guna mendapatkan rehabilitasi atau penanganan yang tepat," Ucapnya penuh harap. 

Dijelaskannya, pada acara launching semalam, kapolres juga menerima selempang 'Bapak Asuh Stunting' dari Bupati Labura Hendriyanto Sitorus sebagai simbol kerja sama dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat. 

Pada acara lounching Posko KBN tersebut, sambung Parlando, selain Bupati dan Wakil Bupati Labura, juga tampak hadir Dandim 0209 Labuhanbatu, Para PJU Polres Labuuhanbatu, serta tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda. 

Reporter : Indra Dharma

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel