Gunung Es Terbesar Sedunia di Antarktika Terlepas, Luasnya 3 Kali Kota New York AS


DikoNews7 -

Gunung es Antarktika yang disebut A23a dilaporkan terlepas. Luasnya hampir 4.000 kilometer persegi, kira-kira tiga kali lebih besar dari Kota New York AS.

"Gunung es terbesar di dunia bergerak untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga dekade," kata para ilmuwan pada Jumat 24 November 2023 seperti dikutip dari VOA Indonesia Senin (27/11/2023).

Sejak lepas dari Lapisan Es Filchner-Ronne di Antarktika Barat pada 1986, gunung es tersebut yang pernah menjadi tempat stasiun penelitian Soviet sebagian besar terdampar setelah pangkalannya terjebak di dasar Laut Weddell.

Citra satelit baru-baru ini mengungkapkan bahwa gunung es, yang berbobot hampir satu triliun metrik ton itu, kini melaju dengan cepat melewati ujung utara Semenanjung Antarktika. Bongkahan besar tersebut dibantu oleh angin dan arus kencang.

Pakar glasiologi Survei Antarktika Inggris Oliver Marsh mengatakan fenomena tersebut sangat jarang terjadi sehingga para ilmuwan akan mengamati lintasannya dengan cermat.

Seiring dengan bertambahnya kecepatan, gunung es raksasa tersebut kemungkinan akan terlempar ke Arus Lingkar Antarktika. 

Hal itu akan mengarahkannya menuju Samudra Selatan melalui jalur yang dikenal sebagai "koridor gunung es," tempat gunung es sejenis lainnya dapat ditemukan mengapung di perairan gelap.

Mengapa gunung es tersebut berhasil lolos sekarang dan masih harus dipantau?

"Seiring waktu, ia mungkin akan sedikit menipis dan mendapat sedikit daya apung ekstra yang memungkinkannya terangkat dari dasar laut dan terdorong oleh arus laut," kata Marsh. (*)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel