KPUD Labusel Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara


DikoNews7 -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di jakan kalapane tepatnya lokasi di TPS 039 kelurahan kotapinang, kecamatan Kotapinang pada Selasa (26/12/2023).

Pada kesempatan itu ketua KPUD Labusel Saipul mengatakan, simulasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan UU Nomor 2 pasal 11, tahun 2008 tentang pendidikan politik bagi WNI. Sehingga warga masyarakat mengerti hak dan kewajibannya sebagai pemilih.

“Simulasi dilaksanakan bukan di dalam gedung. Karena kita melakukan simulasi itu menggunakan teratak atau tenda, untuk mengetahui kondisi yang terjadi sesungguhnya,” kata saipul

Lanjut Saipul mengatakan, meski simulasi pelaksanaannya di mulai sesuai dengan regulasi, mulai dari pukul 7.00 – 13.00. 
 
Simulasi itu melibatkan  warga yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT),  warga pindah memilih atau Daftar Pemilih Tambahan (DPT), warga yang masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK),  warga pemilih disabilitas, dan pemilih usia lanjut.

Salah seorang peserta simulasi, dhani warga kalapane  Kecamatan kotapinang hanya butuh dua menit untuk menggunakan hak pilih di bilik suara. 
 
Hanya saja bagi mereka yang usia lanjut akan merasa kesulitan, karena lebarnya surat suara yang harus dibuka. untuk usia lansia perlu dibantu jika terganggu kondisi kesehatannya, namun sepanjang sehat mereka bisa menggunakan hak pilih dengan baik.

"Bagi warga yang tidak terdaftar DPT bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP, dengan syarat waktu dari pukul 12.00 wib hingga pukul 13.00 wib, sepanjang masih tersisa surat suara", ujar ketua KPUD Labusel itu.

Pantauan awak media dilokasi simulasi, untuk objek pencoblosan partai politik, presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota menggunakan objek angka atau nomor.

Simulai pemungutan dan penghitungan suara di TPS Pemilu 2024 ini, KPU Kabupaten Labusel mengikutsertakan Ketua dan Anggota PPK se Kabupaten Labusel serta PPS se Kecamatan Kotapinang.

Reportet : Zen Ritonga


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel