Plt Bupati Langkat Buka Rakor Kemiskinan Ekstrim


DikoNews7 -

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH membuka rapat koordinasi percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, bertempat di ruang pola bawah kantor Bupati Langkat, Stabat , Sumut, Senin (04/12/2023).

Kepala BAPEDA Langkat Hj.Rina Wahyuni Marpaung,S.STP,AAP menyampaikan, kegiatan ini sebagai fokus dalam penghapusan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Langkat. 

Pada tahun 2024 menjadi target 0% sesuai dengan sustainable Development Goals yang sudah ditetapkan oleh pemerintah nasional maupun Provinsi dan Kabupaten.

"Untuk pelaksanaan strategi tersebut, kita tingkatkan data sasaran di kantong-kantong kemiskinan dan penganggaran integrasi program kegiatan dengan melibatkan partisipasi masyarakat dan lintas sektoral," ucap Rina Wahyuni.

Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Amril, S.Sos,MAP mengatakan, percepatan penurunan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Langkat menjadi fokus utama pemerintah, pemerintah pusat memberikan insentif kepada 99 Kabupaten/Kota, dan Kabupaten Langkat salah satunya.

Jumlah penduduk Kabupaten Langkat berjumlah 1 juta lebih, kita mendapatkan capaian 9,4 % masih banyak lagi penduduk Kabupaten Langkat yang masih berada di garis kemiskinan.

"Saya berharap peran kepala desa dan lurah untuk memverifikasi dan validasi jumlah kemiskinan yang ada, serta pengunaan anggaran desa dalam penanganan kemiskinan ekstrim di daerah masing-masing," ucap Amril.

Sementara itu, Plt.Bupati  Langkat H. syah Afandin SH menjelaskan, pengurangan peningkatan kemiskinan ekstrim di Langkat masih belum sempurna, walaupun dari pusat kita mendapatkan insentif sudah mencapai angka penurunan penanganan kemiskinan ekstrim.

Mengatasi kemiskinan ekstrim, kita tidak hanya memikirkan apa yang harus mereka makan saja namun kita harus memikirkan apa kebutuhan mereka sehingga bisa terlepas dari kemiskinan itu sendiri.

"Ini bukan tangung jawab kita antara kita dan pemerintah, namun tanggung jawab yang sangat besar dan harus di pertanggung jawabkan kepada Allah apa yang sudah kita lakukan sebagai pemimpin," ucap Syah Afandin.

Hadir dalam acara ini, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala Perangkat Daerah, Camat serta kepala desa dan lurah se Kabupaten Langkat. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel