Puncak HBP Ke-60 Tahun 2024, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Potong Tumpeng


DikoNews7 -

Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Upacara, Sabtu (27/04/2024). 

Bertindak selaku Inspektur upacara Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Labuhan Ruku Alexander Lisman Putra. 

Bertempat di lapangan Lapas Labuhan Ruku, upacara diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Pejabat Struktural, Staf dan petugas jaga. 

Pada kesempatan tersebut, Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Alexander Lisman Putra membacakan amanah dari Menkumham Yasonna H. Laoly, berbagai permasalahan dan pencapaian yang silih berganti kian mendewasakan dan menguatkan institusi ini. 

Peringatan HBP Kementerian Hukum dan HAM Ri ke-60 dengan tema " Pemasyarakatan PASTI Berdampak " bukanlah kegiatan seremonial semata, tetapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang kitab Undang-Undang Hukum Pidana, tuturnya. 

Lebih lanjut Alexa menjelaskan, bahwa Undang-Undang Pemasyarakatan berdasarkan asas pengayiman, non diskriminasi, kemanusiaan, gotong royong, kemandirian, proporsionalitas, kehilangan kemerdekaan merupakan satu-satunya derita serta profesionalitas. 

Hal ini sesuai dengan way of life bangsa kita yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atau perbuatan yang merendahkan derajat martabat manusia. 

"Peran yang besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara profesional dan secara bertanggung jawab. Peran Pemasyarakatan sebagaimana dimandatkan dalam beberapa regulasi, harus didukung dengan kelembagaan dan resources yang kuat. Ini merupakan tantangan tugas yang tidak ringan. Dan juga dibutuhkan Human Capital atau aparatur penyelenggaraan tugas Pemasyarakatan yang memiliki motivasi, etis kerja dan jiwa pengabdian yang mendalam, " pungkasnya. 

Usai pelaksanaan upacara, dilakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur kita terhadap HBP ke-60 tahun 2024.

Sembari Kalapas mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah hadir memeriahkan acara puncak HBP yang ke-60. 

"Dengan ulang tahun Pemasyarakatan ke-60 seluruh jajaran meningkatkan kinerja dan disiplinnya dalam menjalankan tugas sehari-hari, " harapnya. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel