RTLH Tahun 2023 Jadi Sorotan, Diduga Kades Klaim Bantuan RTLH Bersumber APBD Batu Bara


DikoNews7 -

Pemanfaatan anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara lewat Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim - LH) untuk pengentasan kemiskinan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di Desa Bulan-Bulan, kecamatan Lima Puluh Pesisir.

Salah satu program yang dijalankan yaitu bantuan Rehab Rumah Tak Layak Huni (RTLH) bagi warga miskin di Dusun Cahaya Desa Bulan-Bulan pada tahun 2023 lalu mengalokasikan anggaran yang bersumber dari APBD Batu Bara untuk program RTLH sebanyak satu unit dengan besaran anggaran Rp 15.000.000 / rumah. Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Bupati Batu Bara Nomor : 330 / Perkim - LH / 2023.

Hal ini dikatakan Kadis Perkim LH kabupaten Batu Bara Lendi Apriyanto. ST melalui Danil Kepala Bidang (Kabid) Perumahan.

Bantuan untuk RTLH bukanlah hal asing ditelinga warga masyarakat, apa lagi dibidang Lembaga dan Awak Media, apa lagi seputaran bantuan RTLH jadi sorotan tajam saat ini. Wujud bantuan RTLH yang didapat warga masyarakat variatif, bantuan meliputi dari Provinsi, kabupaten, Pemerintahan Desa dan instansi lainnya.

Terkait bantuan RTLH yang menjadi sorotan tidak menutup kemungkinan terjadi dugaan konflik di wilayah Desa Bulan-Bulan. Dugaan ketidak transparansi terkuak, dimana bantuan RTLH lewat  Dinas Perkim LH kabupaten Batu Bara tahun 2023 diduga diklaim oleh Kepala Desa (Kades) Bulan-Bulan.

Hal yang sangat disayangkan, seorang pejabat desa diberi kepercayaan warga masyarakat akan tetapi diduga menyalagunakan wewenang jabatannya.

Sementara itu, Napsiah Sekdes Bulan-Bulan, lewat pesan WhatsApp, Senin (22/04/2024) mengatakan, bantuan RTLH Desa Bulan-Bulan sebanyak delapan unit, satu dusun satu rumah. Dengan anggaran Rp. 15.000.000 / rumah bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (T.A) 2023.

Terakhir, Sekdes menyebutkan bahwa anggaran yang dikucurkan untuk rehabilitasi RTLH di tahun 2023 sebesar Rp. 120.000.000 untuk delapan unit rumah.

Dari penelusuran ditemukan RAB Desa Bulan-Bulan diduga ada 10 unit RTLH yang dianggarkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Bulan-Bulan sebesar Rp. 120.000.000.

Hingga berita ini sampai dimeja redaksi pihak Kades Bulan-Bulan belum dapat di temui.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel