Promosikan Wisata dan Budaya, Pj Bupati Langkat Ikut Serta Parade Mobil Hias Dekranas di Kota Solo


DikoNews7 -

Dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kabupaten Langkat, Pj Bupati Langkat H M Faisal Hasrimy AP MAP memperkenalkan wisata dan budaya negeri bertuah Langkat, di Event Nasional Hut Ke-44 Dekranas yang digelar di Kota Solo, Jawa Tengah pada Rabu (15/5/2024) lalu.

Dengan tema "Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa". Dekranas menggandeng 11 kementerian sehingga program pemerintah dapat diaplikasikan kepada para perajin di seluruh Indonesia.

Dekranas menggelar parade mobil hias, kriya, dan budaya dari Stadion Sriwedari sampai Balai Kota Solo, yang diikuti sebanyak 102 kendaraan hias dari perwakilan 38 Provinsi se Indonesia.

Dalam kegian ini, Dekranasda Provinsi Sumatera Utara diikuti 4 perwakilan , diantaranya Dekranasda Provsu, Dekranasda kota Medan, Dekranasda Kabupaten Langkat dan Dekranasda Kabupaten Padang Lawas, sementara Kabupaten Langkat menyiapkan 1 unit mobil hias dengan tema wisata religi masjid azizi dan rumah suluk Tuan Guru Babussalam dan alam wisata Bukit Lawang serta Tangkahan.

Dengan jarak 2,3 kilometer yang dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai, parede mobil hias dilepas dan dinilai oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, defile peserta dengan mengenakan busana adat sekitar 2.000 orang, diikuti mobil peserta lomba, para pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari berbagai daerah. Dekranas juga menyiapkan mobil angklung, musik, dan mobil Rajamala serta  melibatkan 150 penari dan pemusik.

PJ Bupati Langkat Faisal Hasrimy mengatakan. Dekranas membawahi Dekranasda provinsi di mana istri kepala daerah atau pendamping kepala daerah membantu para perajin secara langsung.

"Mudah-mudahan Dekranas bisa membantu pemerintah meningkatkan ekonomi, khususnya sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia,” Harap Faisal Hasrimy.

Sebelum di hari yang sama, Dekranas melaksanakan syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, di hadiri ketua dan wakil ketua Dekranasda  Kabupaten Langkat Ny.Uke Retno Faisal Hasrimy dan Ny.Rina Amril serta perwakilan Dekranasda lainnya.

Dalam acara syukuran ini, Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir dengan mengenakan busana kebaya berwarna oranye. didampingi Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin dan Ketua Harian Dekranas Tri Suswati. Selain itu, hadir pula seluruh anggota OASE Kabinet Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyampaikan agar para perajin semakin termotivasi untuk terus berkembang, mengembangkan dan memajukan wastra dan kriya nusantara yang berdaya saing meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian para perajin.

"Terima kasih atas terpilihnya Jawa Tengah dan hal ini Kota Solo sebagai tuan rumah kegiatan berskala nasional. Ini perhatian sekaligus apresiasi Dekranas terhadap kemajuan potensi kerajinan," ucap Ibu Iriana Joko Widodo.

Adapun rangkaian acara HUT ke-44 Dekranas di Solo:
1. Syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas di Alila Hotel Solo, Rabu (15/5/2024).
2. Parade mobil hias, kriya, dan budaya Dekranas di Stadion Sriwedari-Balai Kota Solo, Rabu (15/5/2024).
3. Peragaan busana kain nusantara di Taman Sriwedari, Solo, Rabu (15/5/2024).
4. Expo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda di Pamedan Pura Mangkunegaran, Rabu - Sabtu (15-18/4/2024).
5. Malam puncak HUT Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kamis (16/5/2024).
6. City tour di Kota Solo, Jumat (17/5/2024).
7. Acara penutupan HUT Dekranas di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (18/5/2024). (Kurnia02)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel