SMSI Batu Bara Adakan Pelatihan Jurnalistik


DikoNews7 -

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kabupaten Batu Bara menggelar pelatihan Jurnalistik bertempat di Aula Singapore Land, kecamatan Sei Balai, Jum'at (03/05/2024). 

Ketua SMSI kabupaten Yasir Hambali mengungkapkan kekecewaannya karena kegiatan pelatihan tersebut tidak dihadiri oleh pejabat dari Kominfo Batu Bara. 

Seharusnya kegiatan itu dihadiri oleh Kadis Kominfo Batu Bara agar Pemerintah dapat berdiskusi dengan insan pers bagaimana cara meningkatkan Sumber Daya Wartawan (SDW) untuk mencapai profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik, beber Hambali dihadapan sejumlah wartawan termasuk perwakilan SMSI Sumatera Utara (Sumut) Benny Pasaribu dan Agus Tama. 

Kegiatan pelatihan ini dengan tema "Media Siber Menjadi Media Komersil Yang Profesional" yang diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai Media Online. Mirisnya lagi tanpa dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kabupaten Batu Bara. 

Lanjut Hambali, untuk mencapai tema dari kegiatan itu tentu harus dirumuskan secara bersama antara Pemerintah dengan pelaku Jurnalis, sehingga apa yang menjadi target yaitu untuk menuju perusahaan Media yang Komersil dapat dirumuskan secara bersama. 

Soal pelatihan Jurnalis dan wartawan Kadis Kominfo yang lebih tahu. Sembari Hambali mengatakan, sangat disayangkan kegiatan ini tak dihadiri oleh Kadis Kominfo Batu Bara. 

Dikatakan Hambali, Media adalah salah satu aktivitas yang bergerak dibidang industri. Bagaimana perusahaan Media bisa berkembang, jika memang tidak didukung dengan keadaan. 

Tidak mungkin kita berjuang tanpa ditopang dengan keadaan, tukas Ketua SMSI Batu Bara. 

Lebih lanjut, Wakil Ketua SMSI Sumut Bidang OKK Benny Pasaribu menyebutkan, Pemerintah tidak bisa diandalkan lagi dalam menopang keberlangsungan Media. 

"Pemerintah setiap kali diskusi dengan wartawan tidak pernah nyambung apa yang menjadi harapan bagi pelaku Media jurnalistik, " sebutnya. 

Benny Pasaribu menyampaikan, memang di mana-mana problem wartawan itu tak jauh berbeda, baik di tingkat Provinsi Sumut maupun daerah, problemnya terletak di tingkat Pemerintah. 

Dilain kesempatan, Benny yang juga wartawan senior Medan Bisnis tersebut menekankan kepada perusahaan Media untuk tetap eksis dan edukatif dalam menyajikan berita. 

"Dengan eksistensi teman-teman Jurnalis bisa membangun komunikasi yang baik dengan pihak-pihak perusahaan swasta, " ucap Benny. 

Dengan membangun hubungan baik dengan perusahaan swasta bisa mengajukan program kerja sama yang bisa saling menguntungkan, tuturnya. 

Kita pelaku usaha Media lebih enak berhubungan dengan perusahaan BUMN dan perusahaan swasta. Karena disana mungkin bisa lebih jelas lagi, dari pada berhubungan dengan Pemerintah, tandasnya. 

Sementara itu, Bidang Pendidikan di SMSI Sumut, Agus Tama lebih menyarankan kepada pihak pelaku Media untuk mempelajari kerja sama dengan pihak ketika termasuk google Adsen. 

Era digital ini teman-teman diharapkan bisa mempelajari aplikasi yang bisa menghasilkan cuan di jaringan internet. Karena, banyak Media yang sudah bekerjasama dengan pihak ketiga sukses mendapatkan penghasilan termasuk hoole Adsen dan Konten Kreator, papar Agus Tama. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel