Unras Rumban Sumut Minta Pj Bupati Copot Plt Kadisdik Batu Bara


DikoNews7 -

Massa dari Rumah Peradaban Sumatera Utara (Rumban Sumut) menggelar unjuk rasa (Unras) di depan kantor Bupati Batu Bara, Kecamatan Lima Puluh, Senin (27/05/2024).

Dalam tuntutannya, Rumban Sumut meminta Pj Bupati Batu Bara Nizhamul untuk mengevaluasi dan mencopot Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batu Bara yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan.

Koordinasi Aksi Rumban Sumut, Yudi Pratama menduga Kepala Dinas Perpustakaan melakukan monopoli persaingan usaha dengan sejumlah kegiatan bersama rekanan CV. AJ dari tahun 2022 sampai 2023.

Berdasarkan informasi, kata Yudi, bahwa pemilik perusahan CV. AJ merupakan kerabat dari Kepala Dinas Perpustakaan itu sendiri.

Yudi juga menduga dalam waktu kurun 2 tahun ada beberapa kegiatan yang menjadi praktek korupsi. Untuk itu ia meminta atensi Aparat Penegak Hukum untuk melakukan mengaudit Kepala Dinas Perpustakaan.

Disisi lain, Yudi menilai bahwa Kepala Dinas Perpustakaan tidak mampu meningkatkan minat baca masyarakat melalui programnya.

Berdasarkan tuntutan yang disampaikannya, Yudi berharap menjadi rujukan untuk Pj Bupati Batu Bara untuk dapat mengevaluasi dan mencopot Kepala Dinas Perpustakaan tersebut.

Lanjut Yudi menegaskan dalam orasinya, tidak menginingkan Dinas Pendidikan dijabat oleh Kadis Perpustkaan.

Ia mengkhawatirkan yang mana Dinas Pendidikan yang sejatinya berperan untuk mencerdaskan anak bangsa bukan sebaliknya dijadikan ladang proyek untuk meraup keuntungan.

Massa aksi yang disambut Asisten I Rusian Heri mengatatakan akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pj Bupati Batu Bara.

Amatan awak media, puluhan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) bersama unsur Polri Polres Batu Bara dengan sigap, tegas dan humanis mengamankan jalannya unras di depan kantor Bupati Batu Bara yang berjalan baik dan lancar.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel