Pembangunan Tembok di Dusun X Desa Suka Jaya Menuai Sorotan GAM BB


DikoNews7 -

Pembangunan tembok penahan air atau gelombang laut yang berada di Dusun X Jln Bongang Desa Suka Jaya, kecamatan Tanjung Tiram, kabupaten Batu Bara diduga proyek tak jelas asal usul anggarannya.

Hasil pantauan Gabungan Awak Media Batu Bara (GAM BB) di lokasi tidak di temukan terpasang nya papan informasi pekerjaan tersebut, sehingga terkait Volume : P × T tidak di ketahui, dan begitu juga anggaran yang digunakan, Minggu (02/06/2024).

Dikatakan GAM BB, berdasarkan Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) seharusnya pekerjaan pembuatan tembok tersebut memaparkan rencana kegiatan dan anggaran secara terbuka agar publik tahu.

Ditegaskan GAM BB, UU Nomor 14 tahun 2008 tentang KIP menggaris bawahi bahwa salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Terkait keberadaan alat berat excavator jenis ampibi yang parkir di Desa Suka Jaya tersebut. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) kabupaten Batu Bara Kurnia Lismawatie ketika di hubungi lewat pesan WhatsApp nya mengatakan, silakan secara teknis menghubungi Kepala Bidang (Kabid) Bina Kontruksi pak, kami hanya membantu alat berat sesuai proposal desa.

Kemudian Tim GAM BB mencoba menghubungi Kabid Bina Kontruksi Dinas PUTR kabupaten Batu Bara melalui pesan WhatsApp nya, Kamis (06/06/2024), Fikri menjelaskan, alat yang dikirim ke Desa Suka Jaya, kecamatan Tanjung Tiram itu proposal dari desa.

"Alat dan Bahan Bakar Minyak (BBM) semua dari dinas PUTR Batu Bara. BBM jenis solar yang digunakan alat berat excavator tersebut non subsidi," ungkap Fikri.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel