KTMT Kuala Tanjung Luncurkan Ekspor Perdana


DikoNews7 | Kuala Tanjung - 

Layanan bongkar muat curah cair Siap beroperasi di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) yang dikelola oleh PT Prima Multi Terminal.

Ekspor perdana ini merupakan anak perusahaan Pelindo 1 yang diangkut menggunakan Kapal MTOcean Integrity pada Jumat (2/8/2019) yang berbendera Panama dengan ukuran panjang (LoA) 150,66 meter dan berbobot 10.459 Ton yang membawa komoditas Crude Palm Oil(CPO) sebanyak 2.000 Metrik Ton (MT) menuju Krishnapatnam, India.

Kuala Tanjung Multipurpose Terminal saat ini telah melayani kegiatan bongkar muat curah cair yang dilengkapi dengan fasilitas pipa dan tangki timbun yang sudah siap digunakan oleh pengguna jasa. Kapal ini berangkat dari Kuala Tanjung Multipurpose Terminal yang kedalamannya mencapai 15-17 meter LWS (Low Water Spring).

Sebelumnya, sudah ada tiga perusahaan pelayaran yang melakukan kegiatan bongkar muat peti kemas secara rutin dan kapal general cargo yang sandar  untuk membongkar bantalan rel di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal. Terang Direktur Utama PT Prima Multi Terminal, Robert Sinaga.

Kuala Tanjung Multipurpose Terminal memiliki dermaga 500x60 m, trestle sepanjang 2,8 km, sertadilengkapi rak pipa 4 line x 8 inch. Untuk menunjang bongkar muat curah cair. 

PT Prima Multi Terminal bekerja sama dengan PT Prima Tangki Indonesia yang merupakan cucu perusahaaan Pelindo 1 yang bersinergi dengan Charleston Group. 

PT Prima Tangki Indonesia juga sebagai  anchor tenant yang menyediakan fasilitas  22 tangki timbun yang mampu melayani hingga 1.000 Ton per jam dengan empat jaringan pipa yang dilengkapi dengan delapan pompa.


Selain itu, kapal tersebut menyediakan fasilitas tangki timbun dengan kapasitas 100.000 MT yang mampu digunakan   untuk kegiatan bongkar muat curah cair   di Pelabuhan Kuala Tanjung.  

Untuk fasilitas bongkar muat curah cair ini dilengkapi dengan pompa yang memiliki kecepatan tinggi dengan menggunakan otomatisasi.  Fasilitas tersebut sudah bisa digunakan beberapa waktu lalu dan telah  memperoleh sertifikas Innternational Sustainability and Carbon Certification  (ISCC) dari European Commission.   

Sertifikasi Internasional ini menunjukkan bahwa fasilitas yang kami sediakan menggunakan sumber energi terbaru. jelas Direktur Utama PT Prima Tangki Indonesia, Gaotama Setiawan.

Selain fasilitas tangki timbun dan pipa yang telah disediakan untuk menunjang proses bisnis, KualaTanjung Multipurpose Terminal juga didukung dengan sistem IT  serta Terminal Operating System  (TOS) petikemas maupun curah cair yang terintegrasi sehingga mampu meningkatkan layanan kepada pengguna jasa dan meningkatkan kecepatan proses bongkar muat.

Robert Sinaga menambahkan, bahwa sarana dan prasarana di Kuala Tanjung Multipurpose baik untuk kegiatan bongkar muat petikemas, curah cair, dan general  cargo sudah bisa dioperasikan secara optimal.

“Keunggulan Kuala Tanjung Multipurpose Terminal di antaranya berada di wilayah yang strategis di perairan Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur pelayaran terpadat di dunia, memiliki draft yang dalam sehingga mampu disandari kapal-kapal berukuran besar, fasilitas dan peralatannya menggunakan teknologi  terbaru sehingga memberikan nilai tambah untuk para pengguna jasa"  

Kami berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik, harapannya pelayanan prima ini mampu mendorong naiknya angka ekspor yang memacu pertumbuhan perkonomian daerah maupun nasional. tutup Robert Sinaga.

Reporter : Boim
Editor : Sapta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel