Cara dan Resep Memasak Udang Bakar Madu


Dikonews24 | Medan - 

 

Resep & Bahan-bahan Udang Bakar Madu

 

Udang ukuran besar 12 ekor (pilih udang yang berukuran jumbo untuk hasil yang memuaskan). Perasan air jeruk nipis atau lemon secukupnya.

Bahan Bumbu Oles Udang Bakar Madu

 

Saus tomat Secukupnya (hampir 1/2 botol ukuran biasa). Kecap manis 3 sendok makan. Madu 3 sendok makan. Garam 1/2 sendok teh. Saus Sambal 2 sendok makan (jika suka pedas, silahkan sesuaikan dengan selera)

Bahan Lain Udang Bakar Madu

 

Minyak goreng (digunakan untuk menggoreng). Tusuk sate 4 batang (rendam sebentar di air agar tusuk sate tidak gosong saat dipanaskan).

Cara Membuat Udang Bakar Madu

 

Langkah awal cuci udang terutama bagian dalam kepalanya di aliran air kran agar kotorannya keluar. Belah kulit punggungnya dan buang uratnya. 
Lalu beri air jeruk nipis atau lemon, diamkan selama 10 menit. kemudian cuci udang dengan air bersih. Selanjutnya siapkan tusuk sate, tusuk udang masing-masing 3 ekor. Sisihkan.

Bahan Oles : campur semua bahan saus, lalu oleskan pada udang hingga rata. Terutama bagian belahan punggung, sisakan sekitar sepertiga bumbu olesan untuk dipakai saat membakar. Diamkan selama 30 menit, bertujuan agar bumbu menempel dan meresap sempurna.

Setelah itu siapkan minyak panas, goreng udang sebentar saja hingga berubah warna kemerah-merahan.

Kemudian olesi udang yang sudah digoreng tadi dengan sisa bumbu olesan. Panaskan grilled pan, olesi dengan mentega agar tidak lengket. 
Taruh udang diatas pan atau bakaran sambil di olesi dengan sisa bumbu. Bakar sebentar hingga warnanya jadi merah gelap. Resep Udang Bakar Madu Mang Engking siap disajikan selagi hangat.




Editor : Sapta
Sumber : ResephariIni.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel