Bupati Zahir Resmikan Kampung Jepang Di Pesisir Lima Puluh (Pantai Sejarah)


DN7 | Batubara - 

Bupati Zahir resmikan situs Kampung Jepang yang ada di desa Perupuk Kec.Datuk Lima Puluh Pesisir Senin, (9/12/2019).

"Jika kita ciptakan Kampung Melayu, Kenapa tidak, Mari kita mulakan, ya ini kan Kab.Batubara memang kampung Melayu, kenapa tidak kita mulakan inovasi baru dengan mengangkat kembali tamadun situs Kampung Jepang di pesisir Batubara dengan berbagai ornamen dan peninggalan pra sejarah, kenapa tidak, asalkan dimanfaatkan demi kemaslahatan umat, terutama dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat" Papar nya

Lanjut nya Zahir lagi, " Kita juga sedang mempersiapkan untuk meresmikan Kampung Inggris yang berada di Tanjung Kasau Laut Tador dalam beberapa waktu dekat ini, Dan akan diresmikan guna meningkatkan pendapatan dan membuka peluang demi memanfaatkan kearifan lokal daerah Batubara." Pungkas nya

Sementara itu, Sejarawan sekaligus Anggota TBUPP Batubara, Dr. Phil. Ichwan Azhari mengatakan bahwa Pasukan Jepang masuk ke Sumatera Utara lewat Pantai Sejarah pada bulan Maret 1942. Pendaratan pasukan Jepang di pantai ini dilakukan secara besar-besaran bersama markas besar Divisi dan Korps Sandi (Fusuyama, 1994:346-347).

Jepang seperti mengecoh Belanda yang dengan armadanya menjaga Pelabuhan Belawan dari penyusupan pasukan Jepang. Ternyata Jepang seperti menikam Belanda dari belakang dengan mendarat di kampung sunyi ini yang sama sekali tidak dijaga pasukan Belanda," katanya.

Sebelumnya, Zahir juga telah meresmikan salah satu cagar alam yang merupakan warisan dunia yaitu Danau Laut Tador. Karena didalamnya terdapat jenis hewan langka (mamalia, ikan, reptil) dan tanaman langka yang telah hidup ratusan tahun. Sehingga ditempat ini kita jadikan lokasi cagar alam ke-2 setelah yang pertama di Bogor.

Dalam harapan nya, Bupati Batubara menekankan kepada masyarakat agar dapat membantu serta menjaga dari program nya pemerintah yang seyogya nya juga demi kesejahteraan masyarakat Batubara.

Hadir dalam acara peresmian kampung Jepang didesa perupuk Kec.Datuk Lima puluh pesisir, Bupati Zahir di dampingi Ketua TP PKK kab.Batubara Ny Maya Indriasari Zahir SE, Dr.Ichwan Azhari, Plt Kadis Pendidikan dan Budaya Kab.Batubara Ilyas Sitorus, Syahril Tambusai SH, Azryn Maryda, Camat dan para undangan lain nya.
(Aswat)

Editor : Sapta

No comments

Powered by Blogger.