Komisi II DPRD Tanggamus Kunjungan Kerja ke Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung



DN7 | Tanggamus - Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD kabupaten Tanggamus melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung pada Selasa, 17 Maret 2020.

Hadir pada kunjungan tersebut Wakil Ketua I Irwandi Suralaga  dari Fraksi PKB dan Ketua Komisi II Fakhruddin Nugraha dari Fraksi PKS, dan selaku perwakilan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Amalia Rizkiyanti.

Mengawali acara Ketua Komisi II Fakhruddin Nugraha memaparkan Kabupaten Tanggamus, mempunyai komoditi unggulan seperti Kopi yang hebat.

“Insya Allah potensinya bagus. Selain itu kami juga mempunyai hasil bumi yang baik,” kata Fakhrudin.

Fakhrudin mengatakan, pihaknya ingin hasil bumi dari Kabupaten Tanggamus yang potensial ini dapat lebih ditingkatkan.
Tentunya dengan bantuan dari program-program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi

Amalia dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung menyampaikan, program kerja mereka pada 2020. Ia mengemukakan, UPTD dan laboratorium mereka ada di seluruh Lampung.

Ada pula pengamat organisme pengganggu tanaman pertanian yang tersebar di Provinsi Lampung. Kata dia, hal ini sejalan dengan visi dan misi dari Gubernur Lampung yang ingin menciptakan kehidupan religius dan sejahtera.

Ia mengatakan, Gubernur mengeluarkan program KPB (kartu petani bersama). Ini, kata dia,  ini memberikan beasiswa dan mendorong kebijakan pertanian Lampung agar cukup tinggi, indikasi Lampung cukup makmur. Luas baku sawah 361.708 (BPN 2019) jagung nomor 3 nasional untuk padi peringkatnya 6.

Permasalahan kita di lahan dan infrastruktur konversi lahan di Provinsi Lampung, kata dia, pertanian dan program kerja untuk peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman pangan,

Sementara kebutuhan benih 11.000 ton.
Adapun pemantapan kebutuhan Rumah Tangga berupa alat pengolahan, jaringan Irigasi dan teknis antara lain bidang konsumsi dan keamanan pangan, pengembangan usaha pangan lokal, dan pemantapan ketahanan pangan rumah tangga.

UPTD BBI Hortikultura berusaha memperbanyak tanaman hias
Fachrudin menyampaikan dengan menyimak program sterategis dinas pertanian provinsi lampung, dan pemaparan dari program Lampung Berjaya yang menjadi sentra-sentra pangan, diharapkan Kabupaten Tanggamus bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Pada kesempatan tersebut, Fakhruddin menyampaikan beberapa hal bahwa, data menunjukan wilayah Tanggamus sangat potensial untuk tanaman Padi dan Buah - buahan.

Ini menunjukan kalau Kabupaten Tanggamus dapat mendukung ketahanan Nasional, sehingga bisa tercipta ketahanan Pangan. kami harapkan ada sinergisitas antara Kabupaten dan Provinsi.

Irsi Jaya anggota Komisi II juga turut mengomentari bahwa apa yang sudah disampaikan dan dipaparkan mengenai program pertanian sudah cukup bagus dan luar biasa.

Sementara perwakilan Dinas menangapi pertanyaan para anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tanggamus menyampaikan, terkait alih fungsi lahan ada perda dan tindak lanjutnya, terkait masalah pupuk kita lebih mengutamakan lahan lahan sawah RDEKK yang sudah terdaftar.

Terkait kostratani adalah komando tani yang tujuannya adalah meningkatkan semua kegiatan Pertanian Peternakan Perkebunan, Pembangunannya dibangun dari pinggiran Desa untuk semua kegiatan menggunakan anggaran dari APBD dan APBN.

Di akhir acara Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanggamus Fakhruddin Nugraha menyampaikan, tujuan kunjungan ini adalah mensinergikan program Pusat dan program Provinsi serta program di Kabupaten Tanggamus.

Dalam pertemuan ini membahas mengenai keluhan Masyarakat Tanggamus terkait tanaman Lada, karena Lada merupakan tanaman primadona untuk komoditas ekspor sehingga perlu dicari solusinya.
Fakhruddin juga berharap program-program pertanian dari pemerintah dapat lebih dimaksimalkan. seperti pengalokasian dana dari pusat  hal ini penting guna menutupi kerugian petani lada. (Rudi)

Editor : Sapta




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel