Kapolres Batubara Kunjungi Kuncen Istana Niat Lima Laras Sembari Salurkan Bantuan


Foto : Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis Kunjungi Juru Kunci Istana Datuk Niat Lima Laras Datuk Mhd Azminsy


DN7 | Batubara - Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH melakukan kunjungan membantu juru kunci ((Kuncen) Istana Datuk Niat Lima Laras Datuk Mhd Azminsyah (78) yang juga Keturunan silsilah ke tiga (3) dari Datuk Abdul Roni Bin Mad Yuda Sri Diraja Datuk Niat Lima Laras yang ke 11 Istana Niat Lima Laras berlangsung dalam situasi hangat dan akrab, Rabu (9/9/2020).

Hadir dalam menyambut kunjungan Kapolres Batubara, Kades Lima Laras Fakhrul Rodi Kec.Nibung Hangus, Datuk Mhd Azminsyah (Kuncen), dan perangkat desa Lima Laras.

Kunjungan secara tiba-tiba tersebut adalah sebuah bentuk perhatian Kapolres Batubara Ikhwan Lubis kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dimasa pandemi covid 19.

Berbagai pembahasan yang dibicarakan dalam acara sesi intra aktif antara Kapolres dengan Juru Kunci Istana Niat Lima Laras Datuk Mhd Azminsyah yang juga  masih garis ke turunan Datuk kerajaan istana di gelar di depan Serambi Istana dengan duduk bersila adab nya Melayu.

Menurut Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH bahwa kunjungan spontanitas ke Istana Niat Lima Laras adalah bentuk perhatian terhadap masyarakat Batubara dalam rangka menyalurkan bantuan berupa paket Sembako beras,gula,kopi dan teh serta tali asih sembari mempertanyakan langsung kepada ahli sejarah (Juru Kunci) istana niat Lima Laras terhadap situasi dan kondisi Istana Niat Lima Laras.

"Saat ini kita melihat ada bangunan Istana dan penghuni nya yang berada di desa Lima Laras, Dan lantas kita juga memahami kondisi hidup mereka yang perlu kita beri kan bantuan berupa paket sembako dan sembari berbincang-bincang tentang prospek kedepan terhadap kondisi Istana Lima Laras ini." Ujar Kapolres

Sementara itu, Datuk Azminsyah dan segenap keluarga merasa terkejut atas kunjungan Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH dengan secara tiba-tiba.

"Tak terpikirkan oleh saya sebelum nya, bahwa hari ini dikunjungi oleh pembesar orang nomor satu dijajaran Polres Batubara, Yakni Bapak Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH, Semoga apa yang telah menginspirasi nya atas kesediaan nya ke Istana Niat Lima Laras membawa angin baik bagi segenap kerabat Istana Niat Lima Laras serta Masyarakat Batubara." Papar Datuk Azminsyah

Pembicaraan dalam temu ramah tersebut di mulai dari pembahasan asal usul Istana, Kultur, Budaya dan History Sejarah serta peradaban dimasa kejayaan Kedatukan Istana Niat Lima Laras.

Rangkaian kunjungan Kapolres Ikhwan di dampingi Datuk Azminsyah melihat secara langsung kondisi istana dan seluruh bangunan ruangan yang ada hingga tempat raja dan kerabat mandi di sebuah lokasi sumur bor yang masih di dalam ruangan belakang istana.

Atas kunjungan Kapolres Batubara Ikhwan Lubis tersebut, Datuk Azminsyah sangat apresiasi serta mengucapkan rasa terima kasih nya atas segala waktu dan kesempatan yang telah diluangkan oleh Kapolres Batubara. (Aswat)

Editor : Sapta


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel