Masyarakat Desa Padang Genting Mengalami Banjir Ketika Hujan Turun, Apa Solusi Dinas Terkait? - Diko News

Masyarakat Desa Padang Genting Mengalami Banjir Ketika Hujan Turun, Apa Solusi Dinas Terkait?


Foto : Desa Padang Genting Terendam Banjir



DN7 | Batubara - Puluhan rumah warga Desa Padang Genting Kecamatan Talawi Kab.Batubara terendam banjir akibat hujan turun dalam beberapa hari belakangan ini, Hal itu merugikan materi dan inmateri warga masyarakat sekitar lokasi yang menjadi korban banjir. Selasa (15/9/2020).

Kini persoalan banjir yang mengenangi areal lokasi desa pemukiman warga menjadi sorotan publik terkait banjir yang merendam kawasan perumahan di Desa Padang Ganting Kec.Talawi tak kunjung surut.

Perlu diketahui bahwa Desa Padang Genting memiliki empat (4) alur sungai yang mengaliri air ketika hujan turun, Namun tidak berfungsi sebagaimana mesti nya, hal itu diduga disebabkan penyumbatan dan pendangkalan dasar tanah alur sungai yang belum dioptimalisasi normalisasi pengerukan alur sungai nya.

Menurut masyarakat desa Padang Genting bahwa satu (1) hari hujan dapat mengakibatkan banjir berminggu-minggu di daerah desa dataran yang rendah, sehingga air mengenangi lokasi pemukiman warga desa.

Salah seorang warga Desa Padang Ganting Ibod (47) mengatakan bahwa pihak nya (Red- warga) meminta kepada pemerintah daerah Batubara untuk  tanggap terhadap kondisi desa yang kini mengalami banjir.

"Sudah satu minggu kami mengalami banjir akibat curah hujan beberapa hari ini. Ini bukan kali pertama kami mengalami nya, sudah bertahun - tahun banjir kiriman dari air hujan yang melanda desa kami. Untuk itu, kepada pemerintah yang terkait agar melihat akar simpul persoalan air hujan yang mengenangi pemukiman penduduk desa Padang Genting." Ucap nya

Harapannya lagi, kami bermohon agar Pemerintah Daerah Batubara agar tanggap dan cepat mengatasi persoalan banjir yang telah merugikan masyarakat desa Padang Genting. Harapnya

Untuk diketahui, bahwa empat (4) aliran sungai yang berada di Desa Padang Genting Kecamatan Talawi mengalir ke wilayah Kelurahan Lab.Ruku dan Desa Mesjid Lama dan selanjutnya ke Muara sungai kiri laut Batubara, Akan tetapi empat titik alur sungai yang mengarah pada alur sungai menuju laut.

Namun hal tersebut tidak berfungsi atau alur sungai terlihat tidak mengalirkan air ke muara atau sungai  terdekat. Sehingga penyebab penyumbatan dan pendangkalan alur sungai diduga terjadinya banjir didesa Padang Genting.

Padahal jika di hitung dengan angka jarak antara desa Padang Genting Kec.Talawi dengan bibir pantai terdekat tidak berapa jauh dari bibir pantai laut Batubara, Sehingga menjadi pertanyaan besar bagi warga masyarakat atas musibah banjir tak kunjung selesai di desa Padang Genting yang kini menjadi langganan banjir setiap kali hujan turun, Ironis nya, kemana para pejabat lintas sektoral yang menangani persoalan banjir tersebut?. (Aswat)

Editor : Sapta


No comments

Powered by Blogger.
close