Petani di Desa Securei Selatan Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Petani di Desa Securei Selatan Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi


FOTO : Petani di Desa Securei Selatan, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, melakukan tanam serentak (17/10).


DN7 | Langkat -
 
Petani di Desa Securei Selatan, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi. Padahal para petani sudah melakukan tanam serentak, Sabtu 17/10/2020.
 
Menurut Ketua Kelompok Tani Sabar Do, Jhan Piter Siburian mengatakan, biasanya sebelum turun tanam padi serentak pupuk bersubsidi sudah lebih awal turun dari distributor. Namun hingga saat ini pupuk belum turun juga dari pihak distributor ke kios-kios peyalur.

"Jika petani mengandalkan pupuk non subsidi dipastikan petani harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk keperluan sarana produksi. Padahal Sendayan Desa Securai Selatan merupakan lumbung padi terluas ke 2 di Kabupaten Langkat dengan luas areal mencapai 1630 H", sebut Jhon.
 
Menurut dia, dengan kelangkaan pupuk bersubsidi tersebut tentu petani mengkhawatiran produksi dan produktivitas menurun yang mengakibatkan pendapatan usaha tani merugi. Saat ini, jenis pupuk bersubsidi yang menghilang di pasaran antara lain jenis pupuk Urea, Pospat, SP36, dan ZA.

Harapan kami petani di Securei Selatan kepada pemerintah daerah segera mencari solusi untuk mengatasi kelangkaan pupuk subsidi di wilayah ini agar hasil panen kami sesuai dengan harapan, tutupnya. (NB)


Share This Article :
dikonews7
4518356910882902657
close