Daftar Lengkap 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Jokowi - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Daftar Lengkap 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Jokowi

FOTO : Presiden Jokowi dan Wapres Ma'aruf Amin umumkan menteri baru dalam reshuffle kabinet. (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden).

DN7 | Jakarta -
 
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju untuk pertama kalinya bersama Wapres Ma'ruf Amin. 
 
Reshuffle kabinet ini dilakukan usai ada dua menteri Jokowi yang dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Keduanya adalah Edhy Prabowo dan Juliari Batubara.
 
Pengumuman reshuffle kabinet dilakukan hari ini, Selasa (22/12/2020) di Istana Kepresidenan Jakarta sekitar pukul 15.35 WIB.
 
Setidaknya ada enam orang menteri baru yang dipilih oleh Jokowi-Ma'ruf Amin. Dua orang di antaranya menggantikan Edhy Prabowo yang dahulu Menteri Kelautan dan Perikanan atau KKP dan Menteri Sosial terdahulu Juliari Batubara.
 
Nama Pertama yang disebut adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Ia dipercaya Jokowi untuk menggantikan Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial.
 
"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya. Beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Ibu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi saat mengumumkan reshuffle kabinet di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/12/2020).
 
Tak hanya itu, ada pula menteri yang digeser oleh Jokowi. Posisi itu adalah Menteri Kesehatan yang saat ini ditugaskan kepada Budi Gunadi Sadikin.
 
Berikut daftar lengkap pengumuman reshuffle kabinet menteri Jokowi-Ma'ruf Amin dihimpun :
 
Menteri Sosial
 
Nama Tri Rismaharini menjadi yang pertama disebut oleh Jokowi. Wali Kota Surabaya itu ditunjuk sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara.
 
"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya. Beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Ibu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggungjawab untuk menjadi Menteri Sosial," kata Jokowi.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif

Setelah Risma, Jokowi kembali memanggil satu tokoh yang sudah tidak asing lagi. Ia adalah Sandiaga Salahuddin Uno.
 
Sebelumnya, Sandiaga Uno sempat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Gubernur Anies Baswedan.
 
Dia pun dipilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama yang dilengserkan Jokowi.
 
"Kemudian yang kedua saya ingin mengenalkan tapi kita semuanya saya kira sudah tahu yaitu bapak Sandiaga Salahuddin Uno," terang Jokowi.
 
"Beliau adalah dulu Wagub DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," sambung dia.

Menteri Kesehatan

Jokowi kemudian memanggil nama Budi Gunadi Sadikin. Dia ditunjuk menjabat sebagai Menteri Kesehatan yang sebelumnya diduduki oleh Terawan Agus Putranto.
 
"Kemudian yang ketiga, Bapak Budi Gunadi Sadikin. Beliau sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Alumunium," kata Jokowi.
 
"Dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," sambung Jokowi.

Menteri Agama

Selain itu, Jokowi juga melengserkan posisi Menteri Agama yang sebelumnya ditempati oleh Fachrul Razi. Kali ini, ia memilih Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan Ketua GP Ansor.
 
"Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas. Beliau adalah tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," ucap Jokowi.

Menteri Kementerian dan Perikanan

Jokowi juga memutuskan untuk menggantikan Edhy Prabowo yang juga sudah mengundurkan diri dari Menteri Kelautan dan Perikanan atau KKP.

Jokowi memilih Sakti Wahyu Trenggono untuk menjabat sebagai Menteri KKP.

"Yang kelima Bapak Sakti Wahyu Trenggono. Beliau sekarang ini memegang jabatan di Wakil Menteri Pertahanan. Dan akan kita berikan tanggungjawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan," ucap Jokowi.

Menteri Perdagangan
 
Dan terakhir, yang keenam, Jokowi menggantikan posisi Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan dengan Muhammad Lutfi.

"Yang terakhir bapak Muhammad Lutfi. Beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, kemudian Dubes RI untuk Jepang dan terakhir Dubes RI untuk AS dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan," tutup Jokowi.
 
Editor : Diko

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 
Share This Article :
dikonews7
4518356910882902657
close