TNI AL Ikuti Multinational Exercise Aman - 21 di Pakistan - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

TNI AL Ikuti Multinational Exercise Aman - 21 di Pakistan

FOTO :  KRI Bung Tomo-357 (KRI TOM-357) resmi mengikuti Latihan Bersama Multinational Exercise AMAN-21

DN7 | Belawan -


TNI Angkatan Laut yang menugaskan KRI Bung Tomo-357 (KRI TOM-357) resmi mengikuti Latihan Bersama Multinational Exercise AMAN-21 yang dibuka di Karachi, Pakistan. Jumat (12/02/21).

Dalam Latihan Multinasional tersebut, KRI TOM-357 dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Excercise AMAN-21, Kolonel Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E. dan Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi.

Mengutip pernyataan Kepala Staf Angkatan Laut Pakistan Laksamana Amjad Khan Niazi dalam pembukaan Latihan Excercise AMAN-21 mengatakan bahwa latihan maritim multinasional AMAN-21 yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan diikuti 47 Negara dan akan berlangsung hingga 16 Februari. 
 
Pada pembukaan Latihan tersebut Dansatgas Kolonel Laut (P) Sirilus Arif mengatakan bahwa "Dengan slogan “Together for Peace”/Bersama untuk Perdamaian, Latihan Bersama AMAN 21 resmi dibuka tadi siang sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Dalam pelaksanaan Latihan seluruh peserta tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19". ungkapnya

Terpisah, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M. mengatakan "Tahun ini KRI Bung Tomo-357 menjadi delegasi Indonesia.  TNI AL mengerahkan 100 Personel termasuk 9 Orang Kadet AAL dalam event dua tahunan Multinational Exercise AMAN-21 / Latihan Bersama (Latma) Multinasional AMAN-21 ke-7 yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan" papar Pangkoarmada I

"Latihan  tersebut merupakan kebijakan strategis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi dalam memenangkan kepentingan nasional" lanjut Pangkoarmada I

"Selain Itu, latihan tersebut diharapkan dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas regional, kesamaan pemikiran dalam melawan terorisme pada domain maritim, kolaborasi untuk menjaga stabilitas maritim yang aman dan berkelanjutan, serta yang terpenting meningkatkan interoperabilitas antara angkatan laut regional dan ekstra-regional" Pungkas Pangkoarmada I.

Diketahui sebelumnya, KRI TOM-357 yang merupakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) MRLF Class jajaran Satkor Koarmada I dilepas di Jakarta International Container Terminal II (JICT) pada Jumat (29/01) untuk mengikuti Multinational Exercise AMAN-21 yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut Pakistan.
 
Reporter : Nur
Editor : Diko
Share This Article :
dikonews7
4518356910882902657
close