Kodam I/BB Sosialisasikan Komponen Cadangan Matra Darat

FOTO : Sosialisasi Komponen Cadangan Matra Darat oleh Kodam 1/BB

DikoNews7 -
 
Kodam I Bukit Baris menggelar sosialisasi pembentukan komponen cadangan Matra Darat, bertempat di Balai Prajurit Makodam l/BB, Jalan Gatot Subroto Medan, Sumut, Rabu (24/03/21).

Acara dibuka oleh Ditjen Pothan Kemhan RI Brigjen TNI, Farid Amran, dihadiri Bupati Langkat Terbit Rencana PA, melalui Wakil Bupati Langkat H.Syah Afandin, bersama Kadis Dukcapil, Faisal Rizal Matondang dan Kakan Kesbang Pol Faisal Badawi.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanudin, melalui Irdam l/BB Brigjen TNI, Gamal Haryo Putro menjelaskan, sosialisasi ini untuk menyampaikan agenda pemerintah yang sangat penting dan strategis, dalam meningkatkan Pertahanan Negara sesuai program Kemenhan RI.

Melalui peraturan UU No.23 tahun 2019, tentang pengelolaan sumber daya nasional, yang telah disiapkan untuk dikerahkan, melalui mobilisasi. Guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan bersama TNI dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Lebih lanjut, Ditjen Pothan Kemhan RI, Brigjen TNI Fahrid Amran, menjelaskan, sesuai landasan konstitusi UUD 1945 pasal 27 dan 30, setiap WNI berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, serta melalui UU No 3 tahun 2002, tentang pertahanan negara, yaitu komponen utama dan komponen cadangan.

Dalam hal ini, Komponen utama adalah TNI, sedangkan komponen cadangan dan tambahan, adalah Kementrian terkait, Pemerintah Tingkat l dan ll serta swasta, termasuk keikut sertaan WNI dalam usaha Bela Negara, melalui pelatihan Dasar Kemiliteran secara wajib, bagi calon Komponen Cadangan, yang telah memenuhi syarat. Serta pengabdian sebagai TNI secara suka rela atau wajib. Juga pendidikan kewarganegaraan PKBN, terang Brigjen TNI Fahrid Amran,

Sementara Wabup Langkat  H.Syah Afandin menyatakan, Pemkab Langkat siap mendukung program TNI AD, untuk mempersiapkan bela negara, sesuai program Kemenhan RI."Kami siap, untuk mendukung TNI mempertahankan kedaulatan NKRI," pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Daerah, Kadis Dukcapil dan Kakan Kesbang Pol se Sumut. Karo Bimas Poldasu dan Kaban Kesbang Pol Provsu. Juga diikuti para Danrem dan Dandim melalui Vidcon. 
 
Reporter : Kurnia02
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel