Header

Diprediksi Tahun 2030 Banjir ROB Tenggelamkan Kota Belawan

Foto : Banjir air pasang laut atau rob melanda 6 Kelurahan di Kecamatan Medan Belawan

DikoNews7 -


Banjir air pasang laut atau rob, yang melanda enam Kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Belawan sejak tiga hari ini dimulai dari hari Minggu 25 April kemarin sangat mengganggu aktivitas masyarakat Belawan khususnya.

Ribuan rumah penduduk di enam Kelurahan terendam banjir akibat banjir air laut (rob) ini, bahkan kota Belawan bagaikan lautan.

H Irfan Hamidi sebagai Tokoh masyarakat dan juga Dewan Pendiri Forum Anak Belawan Bersatu (FABB), melakukan aksi  "SELAMATKAN BELAWAN DARI BANJIR ROB" bersama Forum Anak Belawan Bersatu dan masyarakat, Selasa (27/4/2021) sekira pukul 14.30 Wib di Jalan Sumatera Belawan.

Aksi Selamatkan Belawan dari Banjir Rob ini, diwarnai dengan penandatangan sepantuk sepanjang 15 Meter dan aksi teatrikal warga dengan mendayung sampan, menjala ikan dan memancing ikan diruas Jalan Sumatera Belawan yang genangan airnya mencapai sebatas lutut orang dewasa.

H Irfan Hamidi mengatakan, bila Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemko Medan dan 100 perusahaan yang ada di Kota Belawan tidak  segera berkolaborasi untuk membangun tanggul rob maka Kota Belawan diprediksi akan tenggelam akibat banjir rob.

"Sudah saatnya Pemprovsu, Pemko Medan dan 100 perusahaan yang ada di Kota Belawan untuk berkolaborasi mengantisipasi banjir rob. Kami tak ingin ribuan warga Kecamatan Medan Belawan terus menderita, Selamatkan Belawan Dari Banjir Rob," Pinta H Irfan Hamidi.

H Irfan Hamidi juga mengatakan, pada tahun 1980 - an, bajir rob tidak seperti sekarang ini, di Jalan Sumatera ini tidak seperti sekarang ini ketinggian banjir pasang laut (Rob). Kata H Irfan Hamidi.

H Irfan Hamidi juga mengucapkan, banyaknya kawasan hutan mangrove yang dijadikan lahan kebun sawit membuat daerah resapan air semangkin berkurang.  Padahal hutan mangrove berpungsi menyerap air. Ucapnya.

H Irfan Hamidi juga mendesak Wakil Rakyat di DPRD Medan agar fokus dan serius untuk menata Kota Belawan sekaligus membuat konsep pembangunan bagaimana caranya mengantisipasi banjir rob.

Belawan adalah kota maritim, yang memiliki peran utama dalam pembangunan sistim kota. Belawan memiliki peran penting dalan sirkulasi pergerakan ekonomi kawasan Barat sehingga menjadi entri point bagi Provinsi Sumatera Utara. Tegas H Irfan.

Saya yakin Walikota Medan Bobby Nasution dan Wakil Walikota Aulia Rahman yang merupakan putra Medan Utara akan ikut memperkuat upaya penataan Belawan menjadi penyangga Kota Metropolitan. 
 
Kepada Dirut PT Pelindo 1 yang baru semoga memiliki semangat yang sama dalam merancang dan mewujudkan Port City Structuring Concept dan Belawan menjadi Kota pelabuhan yang bersih, asri serta layak wisata sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup warga dalam berbagai aspek. Harap H. Irfan Hamidi. 
 
Reporter : Nur
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel