Header

UPT Puskesmas Securai Gelar Sosialisasi dan Pembentukan Posyandu Remaja

Foto : Sosialisasi dan pembentukan Posyandu Remaja di Desa Securai Utara

DikoNews7 -
 
Dengan menerapkan Prokes Covid-19. Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat, melalui UPT Puskesmas Securai, Kecamatan Babalan, menggelar sosialisasi dan pembentukan Posyandu Remaja, di aula kantor Desa Securai Utara, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Sumut, Selasa (4/5/21).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Puskesmas Securai dr.Savitri Wardhani Tungga Dewi, yang dihadiri Kasi Kesda Kabupaten Langkat Hj Sri Mahyuni,SKM,MKM, Camat Babalan Fajar Aprianta Sitepu.SE melalui Sekcam Asyari Siregar, Kepala Desa Securai Utara Nur Ihsan, Ketua TP PKK Babalan Ny Amerina Fajar Aprianta, serta puluhan kader posyandu Securai Utara.

Dalam sosialisasi ini, dr.Savitri Wardhani Tungga Dewi, mengatakan. Posyandu Remaja merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh kita, dari kita dan untuk kita, kegiatan ini sangat bermanfaat yang bertujuan membina masyarakat agar terhindar dari kegiatan yang negatif.

Posyandu Remaja merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

Hal ini bertujuan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan remaja.

Lebih lanjut dikatakan Wardhani, Posyandu Remaja memiliki tujuan, meningkatkan peran remaja dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi posyandu remaja, meningkatkan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS).

Adapun sasaran kegiatan Posyandu Remaja, adalah remaja usia 10 -18 tahun, sedangkan untuk sasaran petunjuk pelaksanaan terdiri dari petugas kesehatan, pemerintah Desa/Kelurahan, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan dan lainnya, pengelola program remaja, keluarga dan masyarakat serta kader kesehatan remaja, terang dr.Savitri Wardhani.

Senada, Kasi Kesda Kabupaten Langkat Hj Sri Mahyuni,SKM,MKM, mengatakan, kegiatan Posyandu Remaja memiliki manfaat bagi remaja. Remaja akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan tetang kesehatan reproduksi remaja, kesehatan jiwa, mencegah penyalahgunaan NAPZA, gizi, aktifitas fisik, pencegahan penyakit tidak menular dan pencegahan kekerasan remaja.

"Kegiatan ini juga bertujuan mempersiapkan remaja untuk memiliki keterampilan hidup sehat melalui PKHS, dan aktualisasi diri dalam kegiatan peningkatan derajat kesehatan remaja di masyarakat," ucap Hj Sri Mahyuni.

Sementara itu, Kepala Desa Securai Utara Nur Ihsan, berharap, para kader Posyandu Remaja yang dibentuk, dapat betul-betul belajar dan menimba ilmu dari apa yang disampaikan, hingga nantinya ilmu yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam kegiatan ini, para kader Posyandu Remaja, diajarkan bagaimana menjadi kader kesehatan, sehingga nantinya dapat menjadi remaja yang memiliki kwalitas dan pengetahuan tentang kesehatan, menciptakan lingkungan tempat tinggal yang sehat sekaligus memberikan bantuan kesehatan kepada masyarakat. 
 
Reporter : Kurnia02
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel