Header

Tim TRC BPBD Batu Bara Evakuasi Darurat Bencana Banjir

Foto : Tim TRC BPBD Batu Bara evakuasi banjir.

DikoNews7 -

 
Curah hujan dengan intensitas yang tinggi menyebabkan debit air meningkat di beberapa kawasan sehingga berdampak di kabupaten Batu Bara yang mengalami bencana banjir saat ini dirasakan masyarakat dalam beberapa hari ini.
 
Oleh sebab itu,Tim TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Batu Bara pun di terjunkan guna meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan menuju beberapa titik rawan banjir yang ada di Wilayah kabupaten Batu Bara.
 
Informasi yang di terima, curah hujan yang turun dan air kiriman dari kabupaten Asahan dan Simalungun dalam beberapa hari terakhir di kabupaten Batu Bara dan Wilayah hulunya berdampak tergenangnya wilayah 5 kecamatan dan 14 desa di kabupaten Batu Bara dengan ketinggian air antara rata-rata 50-100 cm dan rata-rata 30-80 cm di dalam rumah warga. 
 
Sedangkan kondisi genangan air mengalami kenaikan dan penyusutan di bebepara daerah kabupaten Batu Bara sudah mulai surut. Selanjutnya, penanganan BPBD kabupaten Batu Bara melakukan mendirikan Posko pengungsian di setiap desa-desa yang terdampak banjir, pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir yang terdampak serta kerusakan sarana prasarana yang ada.

Berkoordinasi dengan perangkat Desa Camat, OPD terkait dan warga masyarakat setempat.
Kondisi terkini, Kondisi air ada beberapa desa mengalami kenaikan dan ada beberapa desa mengalami penyusutan.
 
Korban tidak ada. Kerusakan Abrasi sedang badan Jalan desa 300 meter dan lahan perkebunan dan sawah milik warga terendam. Dampak banjir, sebanyak 2079 rumah tergenang air, tanaman sawah dan perkebunan sawit terendam menyebabkan gagal panen dan mengakibatkan warga mengalami kerugian diperkirakan hampir ratusan juta sampai miliyaranrupiah.
 
Laporan situasi terkini Senin sampai Selasa 14 / 15 Juli 2021 pukul 12.05Wib. Wilayah lokasi terdampak banjir :  
 
Kecamatan Medang Deras : Desa Nenasiam 44 rumah, lahan pertanian / perkebunan 60 Ha. Desa Sei Buah Keras 43 rumah, lahan pertanian / perkebunan 80 Ha.
 
Kecamatan Datuk Tanah Datar: Desa Bangun Sari 75 rumah. Desa Binjai Baru 122 rumah, lahan pertanian / perkebunan 90 Ha.
 
Kecamatan Talawi : Desa Padang Genting 609 rumah, lahan pertanian 62 Ha. Peternakan 2 Ekor kambing. Desa Benteng 360 rumah, lahan pertanian 30 Ha.
 
Kecamatan Lima Puluh : Desa Kuala Gunung 53 rumah, lahan pertanian 60 Ha. Jalan rusak 300 meter. Fasilitas umum 2 unit yaitu Sekolah SMK 1 dan 1 Rumah Sakit Umum. Desa Air Hitam, lahan pertanian, Desa Cahaya Pordomuan, lahan pertanian.
 
Kecamatan Sei Balai : Desa Perkebunan Sei Balai 108 rumah. Desa Sukerejo 94 rumah, lahan pertanian 10 Ha. Desa Suka Ramai 51 rumah, lahan pertanian 30 Ha. Desa KwalaSikasim 20 rumah. Lahan pertanian 160 Ha. Desa Perjuangan 500 rumah.
 
Total objek yang terdampak banjir untuk sementara data dari BPBD kabupaten Batu Bara yang diterima awak media DikoNews7 sebanyak  2079 pemukiman warga dan untuk lahan pertanian / perkebunan 582 Ha.
 
Reporter : Erwin
Editor : Diko
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel