Header

Dosen FT USU Lakukan Pembinaan Masyarakat Pesisir Desa Perlis

Foto : Prof Dr Ir Rossa nelli Hasibuan MT bersama warga binaan Desa Perlis

DikoNews7 -

Meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat. Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat, melakukan pembinaan masyarakat nelayan pesisir Desa Perlis, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat. Sumut, Minggu (15/8/21).

Kegiatan pengabdian ini dilakukan Dosen Fakultas Teknik USU, diketuai Dr. Ir. Juliza Hidayati dan anggota Prof. Dr. Ir. Rossa nelli Hasibuan, MT, yang didanai oleh USU melalui dana Non PNBP USU tahun 2021.

Adapun pembinaan yang dilakukan, berupa pembuatan rumah kaca dalam proses pengeringan ikan cincang rebung, dan pembuatan pupuk organik cair dari limbah kulit buah-buahan.

Prof Dr Ir Rossa nelli Hasibuan MT, mengatakan. Kegiatan ini bertujuan  mengembangkan produktivitas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dimana potensi itu ada disini, selama ini pengolahan ikan cincang rebung dalam proses pengeringannya, masyarakat hanya mengandalkan sumber panas cahaya matahari, kita ganti dengan rumah kaca sehingga pemanasannya lebih efisien, tanpa tergantung cuaca.

Selain itu, ibu-ibu nelayan juga bisa memanfaatkan kulit buah dan mengolahnya menjadi pupuk organik cair, yang aman digunakan untuk memupuk tanaman.

"Saat ini kita masih melakukan sosialisasi dan membentuk kelompok masyarakat, memberi arahan serta manfaat dari kegiatan ini, Alhamdulillah apa yang kita sampaikan mendapat respon dari masyarakat Desa Perlis, dan dalam waktu beberapa hari kedepan, kegiatan ini akan kita laksanakan," ucap Prof Dr Ir Rossa nelli Hasibuan MT.

Dirinya juga berharap. Desa Perlis dapat mandiri dalam pembuatan pupuk dan tekhnologi pengeringan ikan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga, melalui pembuatan Eco Enzyme dan pengeringan ikan cincang yang menjadi komoditas andalan Desa Perlis. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel