Intensitas Hujan Tinggi, Puluhan Rumah di Nias Terendam Banjir

Foto : Hujan dengan intensitas tinggi yang memicu debit air Sungai Mezawa meluap hingga menyebabkan sebanyak kurang lebih 40 rumah terendam banjir di Kabupaten Nias.

DikoNews7 -

Hujan dengan intensitas tinggi yang memicu debit air Sungai Mezawa meluap hingga menyebabkan sebanyak kurang lebih 40 rumah terendam banjir di Kabupaten Nias, Sumatera Utara (Sumut), pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias mendata rumah terdampak banjir berada di Dusun 3, Desa Tetehosi, Kecamatan Idano Gawo.

"Kondisi saat ini cuaca di sekitar lokasi kejadian cerah. BPBD Nias melakukan monitoring dan berkoordinasi dengan pihak terkait serta melakukan persiapan untuk meninjau langsung lokasi terdampak," kata Abdul, Senin (25/10/2021).

Diterangkannya, kajian inaRISK menunjukkan Kabupaten Nias memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada enam kecamatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) turut mengeluarkan peringatan dini hujan lebat yang berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor.

"Adapun prakiraan cuaca tiga harian per 24 hingga 26 Oktober 2021 menunjukkan wilayah Sumut berawan dan hujan ringan," terangnya.

BNPB mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan memantau prakiraan cuaca dari BMKG serta kajian risiko bencana wilayah sekitar melalui inaRISK. Apabila telah terjadi banjir, waspada terhadap arus bawah, saluran air serta kubangan.

"Segera matikan jaringan listrik dan jangan menyentuh peralatan yang bermuatan listrik ketika berada di sekitar lokasi banjir," imbau Abdul.

Selanjutnya, ikuti instruksi pihak berwenang terkait penanganan darurat banjir dan amankan barang serta rumah ketika harus melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Pastikan mendapatkan informasi dari kanal terpercaya," tandasnya. (*)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel