Ny Maya Zahir Targetkan Zero Stunting di Kabupaten Batu Bara

Foto : Ketua TP-PKK Batu Bara Ny. Maya serahkan sertifikat kepada calon pengantin di KUA Lima Puluh. (Erwin)

 

DikoNews7 -

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir, hadir secara langsung memberikan edukasi pra nikah pada calon pengantin, di KUA Lima Puluh kecamatan Lima Puluh, kabupaten Batu Bara, Rabu (23/02/2022).

Kegiatan ini di hadiri oleh Koordinator Stunting kabupaten Batu Bara, Fadly, Kepala KUA Lima Puluh. Para pengurus PKK kabupaten Batu Bara dan para calon pengantin.

Edukasi pra nikah bertujuan untuk berbagi ilmu pada para calon pengantin mengenai stunting dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Di kabupaten Batu Bara saat ini angka stunting mencapai 23%.

Stunting adalah kekurangan gizi kronis yang menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang bagi anak.

Ny. Maya Zahir memberikan edukasi pada para calon pengantin mengenai bahaya stunting, agar bisa mengetahui tahapan-tahapan kehamilan serta bagaimana prosedur penanganan kehamilan yang baik dan benar.

Ia juga membuahkan, isu stunting di Indonesia menjadi sorotan Pemerintah. Sehingga Pemkab Batu Bara berupaya mencegah dan menurunkan angka stuntingdi kabupaten Batu Bara dengan mengedukasi para calon pengantin yang akan menikah.

Di katakan Ny Maya Zahir, sebenarnya untuk cegah stunting ini bisa di mulai dari remaja dengan mengonsumsi tablet tambah darah, karena setiap bulannya wanita mengalami mentsruasi dan ini merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan kehamilan, agar calon ibu tetap sehat saat melahirkan dan menyusui. Selain itu juga ibu hamil harus menjaga nutrisi yang di terima tubuh.

Selanjutnya koordinator Stunting kabupaten Batu Bata menjelaskan, stunting merupakan program Nasional dan Dunia. Indonesia termasuk ke dalam empat (4) besar negara yang angka stuntingnya cukup tinggi. Untuk itulah Ny Maya Zahir sangat konsen dalam penanganan stunting, salah satunya dengan mengadakan program edukasi kepada para calon pengantin.

Mewujudkan generasi sehat dan berkualitas, Ny Maya Zahir juga mengukuhkan para Duta Tablet Tambah Darah untuk siswi-siswi SLTA di kabupaten Batu Bara. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian edukasi pada para calon pengantin.

Program edukasi untuk para calon pengantin, merupakan upaya Pemkab Batu Bara dalam menargetkan Zero Stunting di kabupaten Batu Bara. Dan ini merupakan Misi Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP untuk meningkatkan kualitas Pendidikan, Kesehatan, dan Spritual masyarakat.

Reporter : Erwin

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel