Wabup Lantik Pusbakum Gerakan Pramuka Deli Serdang

Foto : Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar melantik Pengurus Pusat Bantuan Hukum (Pusbakum)Pramuka Deli Serdang.

DikoNews7 -

Wakil Bupati yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar melantik Pengurus Pusat Bantuan Hukum (Pusbakum) Pramuka Deli Serdang masa bakti 2022 – 2025 di Aula P3UD Tanjung Morawa, Kamis (24/3/2022) Sore.

 

Sesuai lampiran Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang No.005/Tahun 2022, Pengurus Pusbakum Gerakan Pramuka Deli Serdang diisi Hadi Ismanto SH sebagai Direktur, Hajman SH Wakil Ketua I, Muriadi SH MPd Wakil Ketua II, M Shandy Aryanda sekretaris, Edi Suparianto SE Bendahara, dan divisi-divisi lainnya. 

 

Di kesempatan itu, Wabup menjelaskan yang menginisiasi terbentuknya kepengurusan Pusbakum adalah Pasal 45 Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka yang mengamanatkan kepada Pengurus Kwartir Cabang memberikan perlindungan hukum kepada setiap anggota Gerakan Pramuka di jajaran kwartir.

 

"Tujuan utamanya adalah selain memberi perlindungan hukum, juga upaya meningkatkan SDM, khususnya sumber daya Gerakan Pramuka agar menjadi anggota pramuka yang berkualitas dan berdaya saing yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan juga selaras dengan visi misi Kabupaten Deli Serdang yaitu Deli Serdang yang Maju dan sejahtera, dengan masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan," jelas Wabup.

 

"Dengan  memaksimalkan sumber daya Gerakan Pramuka guna membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum baik dalam bentuk bantuan litigasi (penyelesaian sengketa yang dihadapi melalui jalur pengadilan) maupun non litigasi," katanya.

 

Satu hal yang diharapkan dari pembentukan Pusbakum ini adalah memberikan perlindungan hukum kepada anggota pramuka.

 

“Pusbakum harus mengedepankan upaya pencegahan sehingga setiap anggota pramuka dapat terhindar dari tindakan /pelanggaran hukum. Untuk itu dalam melaksanakan program kerjanya,Pusbakum harus lebih mengutamakan kegiatan sosialisasi hukum dan atau peraturan perundang-undangan”Pungkas Wabup.

 

Pelantikan ini juga dihadiri para Wakil Ketua Gerakan Pramuka, yaitu Endang Purwanto SH, H Ibnu Hajar MPd , Yakob Madaranto, Sekretaris Drs H Idris MPd serta pengurus Kwarcab dan Kwarran Pramuka Deli Serdang. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel