Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat, PWI Deli Serdang Gelar Khitanan Massal

Foto : Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar memberi bingkisan kepada peserta khitan massal.

DikoNews7 -

Selain menjalankan fungsinya sebagai sosial kontrol dan menjadi pilar keempat demokrasi, jurnalis atau wartawan juga memiliki nilai-nilai kemanusiaan. Seperti yang dilakukan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Deli Serdang.

Dengan mengambil lokasi di Aula Kantor Desa Kubah Sentang, Kecamatan Pantai Labu, PWI Deli Serdang menggelar khitan massal, Rabu (28/9/2022).

"Organisasi wartawan (PWI) tetapi berbakti sosial untuk masyarakat. Berbuat untuk kepentingan masyarakat, dan ini salah satu untuk mengurangi pengeluaran ibu rumah tangga. Kegiatan ini merupakan bentuk pengertian dan kepedulian PWI Kabupaten Deli Serdang," ungkap Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar ketika membuka acara tersebut.

Wabup pun berharap kegiatan tersebut bisa memberi manfaat bagi warga sekitar.

"Kenapa dibuat di sini? Karena di sini ada pengurus PWI-nya. Jadi, mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa kebaikan pada kita semua," harap Wabup.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Khitan Massal, Khairul Siregar dalam laporannya menjabarkan, khitan massal tersebut diikuti 55 anak dari beberapa desa di Kecamatan Pantai Labu.

"Kegiatan ini sangat mulia, karena khitanan massal ini merupakan manisfestasi dari pelaksanaan ibadah dan menjalin tali silaturahmi," kata Khairul.

Selain itu, sambungnya, khitan massal tersebut juga sebagai wujud sumbangsih dan kepedulian PWI Deli Serdang kepada masyarakat, khususnya di daerah pesisir Kecamatan Pantai Labu.

"Kita doakan, mudah-mudahan anak yang baru dikhitan ini benar-benar menjadi anak shalih, taat pada Allah, berbakti kepada kedua orangtua, berguna bagi nusa dan bangsa serta agama," bebernya.

Dijelaskannya lagi, khitan massal tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) ke-77 tahun 2023 mendatang di Sumatera Utara.

Selain khitan massal, kegiatan lain yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti, PWI bekerjasama dengan Komnas Perlindungan Anak Deli Serdang akan mengadakan seminar sehari, Wartawan Ramah Anak" untuk mewujudkan Deli Serdang Kabupaten Layak Anak.

Di bulan November, PWI akan mengadakan Rapat Kerja (Raker) I di Prime Plaza Hotel Kualanamu. Sementara itu, Ketua PWI Deli Serdang, Lisbon Situmorang SE mengatakan khitanan massal tersebut merupakan awal kegiatan PWI Deli Serdang.

"Dengan kegiatan ini, kami berharap bisa mendekatkan diri dengan masyarakat. Kegiatan ini bukan hanya sampai di sini, rencananya akan dilaksanakan di beberapa kecamatan di Dei Serdang, khususnya di daerah terpencil," ucap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Deli Serdang.

Turut mendampingi Wabup di acara tersebut, Kepala Badan Kesatuan Kebangsaaan dan Politik (Kesbangpol), Drs Zainal Abidin Hutagalung, Sekretaris Dinas Kesehatan, dr Herry Kurnia MARS, perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Pantai Labu, Fikri Hanafi Lubis SSTP, Ketua PKK Pantai Labu, Nurbaiti Rahmat Azahar, Kepala Puskesmas Pantai Labu, dr Beni L Bukit, dan perangkat Desa Kubah Sentang. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel