Antisipasi Banjir, Pemdes Teluk Meku Bersama Warga Gelar Gotong Royong Bersihkan Parit

Foto : Pemdes Teluk Meku Bersama Warga Gelar Gotong Royong.

DikoNews7 -

Dalam rangka mengantisifasi banjir yang sering  terjadi disaat musim penghujan, Pemerintah Desa Teluk Meku, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, bersama warga menggelar gotong royong membersihkan parit utama disepanjang jalan desa. Minggu (30/10/2022).

Gotong royong digelar di 7 dusun yang ada di Desa Teluk Meku dikoordinir oleh kepala dusun masing-masing, menggunakan ban mobil bekas segala kotoran yang menumpuk dan menyumbat di gorong-gorong ditarik keluar menggunakan truck.

Kepala Desa Teluk Meku H Jamaluddin.SE melalui wakil ketua BPD H Warsim Lubis.S.Kep Ners, saat ditemui di lokasi mengatakan. Dari 7 dusun wilayah terparah yang sering dilanda banjir berada didusun I, dusun II dan dusun III.

Gotong royong yang dilakukan masyarakat Desa Teluk Meku khususnya dusun I Titi Hitam adalah upaya mendukung program pemerintah desa dalam upaya penanggulangan banjir.

Kegiatan ini didukung seluruh elemen masyarakat dan organisasi kemasyarakatan Pemuda Pancasila, membersihkan parit dan gorong-gorong yang tersumbat dari segala kotoran dan tumpukan sampah.

Pembersihan dilakukan menggunakan ban mobil yang ditarik dari dalam gorong-gorong menggunakan truck. Direncanakan, gotong royong ini akan rutin dilaksanakan dengan interval setiap bulan, ucap Warsim Lubis.

Senada, Tatok warga Teluk Meku mengatakan, kondisi parit yang dangkal akibat endapan lumpur dan  tumpukan  sampah menyebabkan air tidak dapat mengalir dengan lancar, ditambah gorong-gorong yang tidak terawat dan tidak pernah dibersihkan menjadi penyebab air banjir lama surut.

"Hari ini kita bersama seluruh elemen masyarakat bergotong royong membersihkan parit dan gorong-gorong, menggunakan ban mobil menarik sampah dan kotoran yang menyumbat sehingga air dapat mengalir dengan lancar, terima kasih pemerintah Desa Teluk Meku yang tanggap dengan keadaan ini," ucap Tatok. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel