Bupati Deli Serdang Tinjau Lokasi Pembangunan Jalan & Objek Wisata di STM Hulu

Foto : Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan meninjau proyek pembangunan jalan.

DikoNews7 -

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan meninjau proyek pembangunan jalan sepanjang 15 kilometer dari Desa Liang Pematang ke Desa Bahbah Buntu, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kamis (22/10/2022).

Selain itu, Bupati juga meninjau Air Terjun Lau Mentar Canyon di Desa Liang Pematang. Air terjun tersebut merupakan pertemuan dua sumber air, yakni air panas dan dingin.

Setelah itu, rombongan Bupati diterima Kepala Desa (Kades) Liang Pematang, Bahagia Tarigan di rumahnya. Setelah makan siang, dilakukan pertemuan membahas kedua rencana pembangunan tersebut.

Pada kesempatan itu, Kades Pematang Liang, Bahagia Tarigan menjelaskan kunjungan Bupati bersama para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut dalam rangka persiapan menyambut kedatangan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada Kamis, 3 November 2022 mendatang.

"Terima kasih atas ada kunjungan Bupati dan OPD untuk melihat kesiapan  launching Konsep Pertanian Terpadu (KPT) yang akan ditinjau Menko Perekonomian, Bapak Airlangga Hartarto, yang kebetulan lokasinya di Desa Liang Pematang ini," kata Kades.

"Kunjungan Bupati untuk meninjau akses jalan dan objek wisata. Bupati menjelaskan, objek wisata yang ada di desa ini cukup menarik, dan kalau bisa akan dibangun ke depan. Mudah-mudahan saran tersebut bisa dieksekusi untuk pengembangan objek wisata. Karena pembangunan jalan dan objek wisata ini tidak terlepas dari program dalam KPT, yaitu pengembangan pertanian, peternakan dan pariwisatanya. Untuk jalan juga akan dipercepat pelaksanaan pembangunannya," paparnya.

Sementara itu, Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan menerangkan pembangunan jalan dan objek wisata tersebut merupakan konsep yang murni muncul dari bawah (masyarakat) atau disebut bottom-up.

"Konsep ini murni dari bawah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang sejak dulu tidak pernah memaksakan konsep kepada masyarakat. Konsep yang ada dari dulu itu top-down, dan sulit dilaksanakan, apalagi sama sekali baru. Jadi, dari keinginan masyarakat ini lebih berpeluang keberhasilannya," papar Bupati.

Ditegaskan Bupati, potensi di Kecamatan STM Hulu begitu luar biasa, baik dari bidang pertanian, maupun bidang lainnya. 

"Pengembangan Konsep Pertanian Terpadu ini sesuai dengan visi misi Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera. Di STM Hulu ini ada lahan pertanian bawang merah, salah dan lainnya. Jadi, salahlah kita kalau potensi ini tidak bisa dimanfaatkan. Pintu masuk hanya sejengkal. Bandara Kualanamu ada di Deli Serdang, Pelabuhan Belawan ada di Medan, Kuala Tanjung (pelabuhan) ada di Batu Bara. Jadi, tidak mungkin produk-produk kita kalah," tegas Bupati.

Terkait pembangunan jalan yang menghubungan Desa Liang Pematang dengan Bahbah Buntu, dan akses jalan lainnya, Bupati mengemukakan Pemkab Deli Serdang akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

"Jalan-jalan provinsi akan segera ditangani sesuai proyeknya. Jadi, nanti akan kita koordinasikan apakah masuk ke dalam proyek infrastruktur sebesar Rp2,7 triliun, seperti di Kutalimbaru. Kita akan desak Pemprov Sumut, jalan kabupaten akan kita upayakan. Paling lambat nanti dimulai tahun 2023 nanti sampai 2024," jelas Bupati.

Pada kunjungan tersebut, Bupati turut didampingi Aisten II Perekonomian dan Pembangunan, Putra Jaya Manalu SE MM; Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs David Efrata Tarigan MSP; kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Kehadiran rombongan Bupati diterima Camat STM Hulu, Budiman Sembiring SSos MAP bersama unsur Musyarawah Pimpinan Kecamatan (Muspika) STM Hulu; seluruh kepala desa (kades) dan kepala dusun (kadus) se-Kecamatan STM Hulu, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) STM Hulu, dan lainnya. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel