Pelantikan Panwaslu Kecamatan Start Awal Pemilu Serentak di Deli Serdang

Foto : Pelantikan 66 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang.

DikoNews7 -
 
Pelantikan 66 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang di Hotel Wings Kualanamu, Jumat (28/10/2022), merupakan start awal untuk memberi hasil positif bagi keberlangsungan demokrasi di tanah air, khususnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 di Kabupaten Deli Serdang.

Pesan ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar saat memberi sambutan pada proses pelantikan tersebut. Dijelaskan Wabup, Pemilu yang bebas, jujur dan adil, jelas sangat ditentukan peran panitia pengawas pemilihan. 

Sebab, Pemilu merupakan sistem norma dalam proses penyampaian hak demokrasi rakyat dalam menentukan pilihannya berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, transparansi, dan bertanggungjawab sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

"Kehadiran Pengawas Pemilu mempunyai peranan yang penting dalam mengawal keberlangsungan Pemilu dengan lancar dan aman. Beratnya persaingan menjadi panwaslu membuat banyak kriteria yang harus dipenuhi agar bisa lulus, baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Ini menunjukkan yang lulus menjadi Panwaslu mempunyai kemampuan dan kinerja yang baik. Tugas sebagai Panwaslu sesungguhnya adalah tugas mulia sekaligus memikul tanggungjawab yang berat, bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran, serta menegakkan demokrasi," ujar Wabup.

Oleh karena itu, Wabup berpesan, dalam melaksanakan tugas Panwaslu sangat diharapkan dapat bekerjasama secara profesional, berkompeten serta bertindak cepat dan tepat dalam penanganan setiap laporan dari masyarakat maupun temuan dari pengawas pemilu sendiri demi terciptanya pelaksanaan demokrasi Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

"Saya berharap saudara dapat bekerja sesuai dengan koridor hukum secara profesional serta pro aktif, responsif dan memiliki sensitivitas yang tinggi dalam menjalankan berbagai tugas. Junjung tinggi integritas dan kredibilitas serta perlihatkan kinerja sebaik mungkin, karena keberhasilan saudara turut menentukan masa depan bangsa dan negara," pesan Wabup.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum(Bawaslu) Deli Serdang, M Ali Sitorus SAg sebelumnya menyampaikan ke-66 anggota Panwaslu Kecamatan tersebut tersebut terpilih dan dilantik setelah melalui seleksi berkas, Computer Assisted Test (CAT), dan wawancara.

"Panwaslu kecamatan Deli Serdang yang diambil sumpahnya adalah orang-orang terbaik. Telah terlaksananya beberapa proses seleksi, dari seleksi administrasi, ujian CAT yang kita laksanakan. Dari ujian CAT, kita menyaksikan 130 orang untuk dilakukan tes wawancara dan hasilnya terpilih 66 orang. Menurut pengamatan kami, itulah yang terbaik," kata Ketua Bawaslu Deli Serdang.

Turut mendampingi Wabup pada pelantikan tersebut, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, Drs H Hasbi Nasution, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Effendi Capah MSP, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Drs Khairul Azman MAP, Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan), Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Drs Zainal Abidin Hutagalung MAP dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Hadir pula, anggota DPRD Deli Serdang, Hj Saadah Lubis; Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang; H Abdul Haris Harahap; pimpinan dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang; dan lainnya. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel