Perluas Layanan, Dishub Batu Bara Launching e-Parkir dan e-KIR

Foto : Kegiatan Dishub Batu Bara Launching e-Parkir dan e-KIR.

DikoNews7 -

Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Batu Bara akan memberlakukan sistem parkir elektronik. Uji coba penerapan sistem parkir tersebut akan dimulai Senin (17/10) mendatang di tiga lokasi, antara lain di pelataran parkir Bank Sumut Lima Puluh, Bank Sumut Indrapura dan Bank Sumut Tanjung Tiram.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) kabupaten Batu Bara, Berlin Hutabarat saat acara launching e-Parkir dan e-KIR di kantor Cabang Bank Sumut Lima Puluh, Jum’at (14/10/2022) mengatakan, hari ini kita luncurkan programnya, Senin depan baru kita uji coba sistem parkir elektronik di tiga lokasi.

“Program e-Parkir dan e-KIR pengujian kendaraan bermotor dilaksanakan dalam rangka implementasi transaksi non tunai, “ ujar Berlin.

Disebutkan Berlin, program ini juga bekerja sama dengan Bank Sumut selaku fasilitator. Dengan kerja sama ini di harapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terselenggaranya dan e-KIR tidak ada lagi peredaran uang, retribusi akan langsung masuk ke kas daerah.

“Dalam uji coba ini juru parkir kita libatkan pegawai dari Dinas Perhubungan, kemudian secara bertahap juru parkir yang ada akan kita bekali dengan pelatihan sistem parkir elektronik, “ sebut Berlin.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bank Sumut Lima Puluh, Teddy Pribadie mengungkapkan, Bank Sumut saat ini terus dan akan melakukan terobosan serta inovasi dalam meningkatkan pendapatan daerah.

“Salah satu terobosannya ada meluncurkan program e-Parkir dan e-KIR, dengan program ini pendapatan daerah dapat dioptimalkan, “ harapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M. AP mengatakan, dengan kerjasama Pemerintah daerah dengan PT Bank Sumut guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

‘Khususnya dengan proses digitalisasi atau penerapan teknologi dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat, seperti registrasi online, pendataan online, pembayaran online sehingga semakin minimnya resiko calo, “ ungkap Zahir.

Dikatakan Zahir, dengan menjalin kerja sama Dishub dengan pihak PT Bank Sumut dalam pengelolaan pembayaran parkir dan KIR secara non tunai ini sebuah inovasi yang baik bagi masyarakat.

Lanjut Zahir, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara terus mendukung program-program pelayanan kepada publik, seperti pembayaran sudah dapat non tunai dengan adanya e-Parkir dan e-KIR.

“Adanya pelayanan publik berbasis digital sebagai wujud implementasi Government di kabupaten Batu Bara, dengan terus dikembangkannya layanan pembayaran secara digital dapat meningkatkan minat masyarakat untuk bertransaksi non tunai, “ ungkap Bupati Zahir.

Reporter : Erwin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel