Tingkatkan Produktivitas, Kelompok Tani Batu Bara Dapat Bantuan Alsintan

Foto : Bupati Batu Bara Zahir hadir menyerahkan  bantuan dari Anggota DPR RI Djarot Hidayat.

DikoNews7 -

Pemerintah kabupaten Batu Bara menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa combine havester atau alat panen padi pada kelompok petani di kabupaten Batu Bara.

Bantuan Alsintan yang diserahkan langsung oleh Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan di Indrapura, kecamatan Air Putih, Senin (31/10/2022), yang merupakan aspirasi dari Anggota Komisi IV DPR RI Djarot Hidayat.

Ada lima Poktan yang menerima bantuan Alsintan yaitu Poktan Maju Desa Mekar Mulyo, kecamatan Sei Balai, Poktan Teratak Desa Perkebunan Sei Bejangkar, kecamatan Sei Balai, Poktan Rawa Dolik Desa Air Hitam, kecamatan Datuk Lima Puluh, Poktan Bintang Jaya Desa Suka Ramai, kecamatan Air Putih, dan Poktan Pardomuan Desa Pematang Panjang, kecamatan Air Putih.

Bupati Zahir berharap bantuan Alsintan ini dapat memajukan dan menyejahterakan para petani di kabupaten Batu Bara.

“Semoga dengan menggunakan alat ini, pertanian kabupaten Batu Bara semakin maju, khususnya komoditas tanaman pangan, “ ujar Bupati Zahir.

Lebih lanjut Bupati Zahir menyebutkan, untuk saat ini hanya lima Poktan yang mendapat bantuan Alsintan karena melihat kondisi tanah wilayahnya.

Bupati Zahir menyebutkan, kelompok tani tersebut areal persawahannya memiliki tanah yang bisa dimasuki oleh combine harvester. Jadi alat ini bersifat mobile ya, jika di perlukan di tempat lain bisa di pindahkan. 

Lalu, ketika tidak digunakan dengan baik maka alat itu bisa dipakai oleh kelompok tani lain. Sipatnya tidak hak milik, tidak hak paten, “ terang Bupati Zahir.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel