Resmikan Gedung Dekranasda Batu Bara, Nawal Lubis : Dapat Difungsikan Secara Maksimal


DikoNews7 -

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis meresmikan Gedung Dekranasda kabupaten Batu Bara. Di harapkan gedung tersebut dapat difungsikan secara maksimal dan mampu menunjang perekonomian daerah.

Menurut Nawal, gedung Dekranasda dapat berfungsi sebagai tempat pelatihan, promosi dan pengembangan produk UMKM serta lainnya. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM atau pengrajin dan perekonomian daerah.

Nawal juga mengapresiasi gedung Dekranasda kabupaten Batu Bara tersebut. Apa lagi letaknya yang sangat strategis di Jalan Lintas Sumatera akan menarik perhatian masyarakat yang melintas. Bahkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata di daerah. 

“Semoga ini dapat kita gunakan sebaik-baiknya, “ katanya saat peresmian gedung Dekranasda kabupaten Batu Bara, Kelurahan Indrapura, Batu Bara, Kamis (29/01/2023) bersama Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M.AP dan Ketua Dekranasda Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir. SE

Lanjut Nawal mengatakan, gedung Dekranasda Batu Bara memamerkan berbagai produk UMKM terutama kerajinan dari Sumatera Utara seperti songket Melayu, berbagai macam keripik hingga kepah serai kemasan. Bupati Batu Bara Zahir mengatakan salah satu produk unggulan kabupatennya adalah songket Batu Bara.

“Gedung yang terletak di Jalan Lintas Sumatera itu juga memiliki tempat bengkel batik. Bahkan juga terdapat rumah pengemasan yang bisa digunakan para pelaku UMKM untuk mengemas produknya menjadi lebih baik, “ ungkap Nawal Lubis mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya, Bupati Batu Bara Zahir dalam sambutannya mengaku sangat bangga gedung Dekranasda Batu Bara dapat berdiri. Hal ini tentu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Batu Bara melalui UMKM dan juga sebagai sarana penunjang UMKM naik kelas.

“Saya bangga dan bersyukur dengan keterbatasan anggaran gedung Dekranasda dapat berdiri di kabupaten Batu Bara, “ sebut Bupati Zahir.

Di katakan Zahir, gedung Dekranasda Batu Bara didirikan sebagai wadah promosi untuk memasarkan hasil olahan UMKM Batu Bara yang mengangkat produk unggulan dan ciri khas kabupaten Batu Bara.

“Produk unggulan khas Batu Bara itu ada songket, batik, tenun, kemasan sereh kepah khas Melayu, rendang kepah, sambal teri Medan yang sudah dikemas dalam kalengan, “ ucap Zahir.

Bupati Batu Bara Zahir menyebutkan, ketersediaan fasilitas mesin ATM untuk memudahkan pengunjung saat membeli produk di Dekranasda Batu Bara.

Namun, Bupati Zahir menyayangkan meskipun sudah disediakan galeri ATM masih saja pihak perbankan seperti BRI dan BNI belum memenuhi permintaan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara untuk memasang mesin ATM di gedung Dekranasda.

Ditegaskan Bupati Zahir, kita sudah sediakan fasilitas perbankan untuk memudahkan pengunjung saat membeli produk di Dekranasda. Namun mesin ATM dari BRI dan BNI hingga sekarang belum dipenuhi pihak bank. Hanya Bank Sumut yang saat ini baru membantu menyediakan mesin ATM

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Ketua Dekranasda Sumatera Utara Nawal Lubis.

Turut hadir pada peresmian itu, Ketua Dekranasda Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, Ketua Dekranasda Medan Kahiyang Ayu, Ketua Dekranasda Serdang Bedagai (Sergai) Rosmaida Saragi, Pj. Sekda Batu Bara Norma Deli Siregar, Para Asisten Setdakab Batu Bara, Para Kepala OPD, Camat se-kabupaten Batu Bara, serta para pelaku UMKM.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel